Cara Kerja Rem Tromol Motor dan Mobil Beserta Komponennya
Cara kerja rem tromol melalui sepasang brake shoes (sepatu rem). Berdasarkan cara kerjanya, beberapa tipe sepeda motor menggunakan dua jenis rem untuk roda depan dan belakang yaitu sistem tromol dan cakram.
Dalam otomotif, rem merupakan komponen yang terdapat pada sepeda motor untuk memperlambat dan menghentikan putaran roda. Dengan adanya rem, laju kendaraan bisa diturunkan dan dihentikan. Umumnya setiap sepeda motor memiliki rem depan dan belakang.
Komponen Rem Tromol
Melansir dari Astra-honda.com, rem tromol memiliki beberapa komponen berikut:
1. Brake Drum
Bare drum merupakan komponen rem tromol yang terbuat dari baja tuang, bentuknya menyerupai tabung. Brake drum memiliki fungsi sebagai media gesek kempas rem saat terjadi pengereman. Umumnya banyak digunakan oleh berbagai tipe kendaraan mobil Toyota.
2. Brake Lining
Brake lining merupakan komponen yang memiliki fungsi sebagai media bergeseknya tromol rem. Komponen ini terbuat dari campuran bahan yang memiliki fungsi sebagai penahan gesekan antara dua buah plate.
3. Brake Shoe
Brake shoe adalah sepatu rem atau tempat kampas yang memiliki bentuk persegi panjang dan sedikit melengkung. Umumnya brake shoe jadi satu dengan kampasnya sehingga saat kampas menipis harus berganti. Pergantian harus dilakukan berikut brake shoenya.
4. Brake Cam Lever
Ketika tuas rem ditekan, brake cam lever akan menggerakkan sepatu rem sehingga tromol ikut tertekan. Tuas rem ini bekerja melalui brake cam di mana bagian ujungnya saling terhubung satu sama lain.
5. Brake Cam
Komponen brake cam memiliki fungsi sebagai penekan sepatu rem saat tuas penggerak bekerja. Brake cam berada pada bagian ujung brake cam lever. Dengan kata lain, brake cam berfungsi sebagai penghubung antara tuas rem yang ditekan oleh pengemudi dan rem yang berinteraksi dengan tromol.
6. Return Spiring
Return spiring bekerja dengan mengembalikan posisi brake shoe setelah pengereman terjadi. Posisi return spring berada di antara kedua sepatu rem dalam sistem rem tromol. Ketika pengereman selesai, pegas akan menarikan sepatu rem agar kembali ke posisinya sehingga kampas dan drum tidak lagi bergesekan.