Peneliti Tiongkok Temukan Jejak Virus Corona pada Sperma

Image title
11 Mei 2020, 07:02
Ilustrasi, tenaga medis memeriksa sampel virus corona (Covid-19). Hasil studi tim peneliti asal Tiongkok menemukan adanya jejak Covid-19 pada sperma.
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/foc.
Ilustrasi, tenaga medis memeriksa sampel virus corona (Covid-19). Hasil studi tim peneliti asal Tiongkok menemukan adanya jejak Covid-19 pada sperma.

Hasil studi peneliti asal Tiongkok menemukan, virus corona (Covid-19) jenis baru atau SARS-CoV-2 tak hanya meninggalkan jejak pada paru-paru. Terbaru, peneliti mendeteksi adanya virus corona dalam sperma.

Mengutip Live Science, Sabtu (7/5), tim yang diketuai oleh Diangeng Li ini melakukan riset terhadap 38 pria di Shangqiu, Tiongkok, yang telah dites positif Covid-19, mengalami gejala atau baru saja pulih.

Melalui riset tersebut, para peneliti mendeteksi adanya Covid-19 dalam sperma dari enam peserta, atau 16% secara keseluruhan. Dari jumlah tersebut, empat pasien saat ini mengalami gejala Covid-19, dan dua pasien baru saja pulih.

Para peneliti tersebut menyatakan, meski virus corona tidak dapat mereplikasi dalam sistem reproduksi pria, virus mungkin sanggup bertahan dalam periode waktu tertentu.

Namun, penelitian berjudul "Clinical Characteristics and Results of Semen Tests Among Men With Coronavirus Disease 2019" ini, belum menyimpulkan apakah virus corona dapat ditularkan melalui hubungan seksual.

"Jika dibuktikan bahwa Covid-19 dapat ditularkan secara seksual dalam penelitian selanjutnya, penularan seksual mungkin menjadi bagian penting dari pencegahan, mengingat fakta bahwa virus terdeteksi dalam sperma pasien yang pulih," tulis hasil studi para peneliti tersebut, dikutip Minggu (10/5).

Dari hasil studi ini, para peneliti dari Tiongkok tersebut menyimpulkan, menghindari kontak dengan air liur pasien dan darah mungkin tidak cukup mencegah penularan.

(Baca: Peneliti Tiongkok: Virus Corona Bermutasi, Bisa Bertahan 49 Hari)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...