Menpora Tersangka Suap, Jokowi Perintahkan Bawahannya Hati-Hati

Dimas Jarot Bayu
19 September 2019, 12:34
Jokowi, Imam Nahrawi, Korupsi, menpora, KPK
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo memerintahkan para menteri berhati-hati mengelola anggaran. Terbaru, Menpora Imam Nahrawi dijadikan tersangka suap dana hibah oleh KPK.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan bawahannya untuk berhati-hati mengelola uang negara. Pesan ini dilontarkan usai Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Imam saat ini telah menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada Jokowi.

Presiden meminta para menteri untuk mematuhi prosedur dalam menggunakan anggaran. Apalagi penggunaannya akan diperiksa secara berkala oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

 “Kalau ada penyelewengan, urusannya dengan aparat penegak hukum,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, kamis (19/9).

(Baca: KPK Tetapkan Menpora Imam Nahrawi sebagai Tersangka Korupsi Hibah KONI)

Terkait proses hukum di KPK, Jokowi mengatakan dirinya bakal menghormati langkah yang dilakukan komisi antirasuah tersebut. "Pak Imam Nahrawi jadi tersangka karena urusan dana hibah,” kata Jokowi.

Meski demikian, Jokowi belum mengetahui siapa yang akan menggantikan sosok Menpora. Dia mengatakan pengganti Imam akan diputuskan dalam waktu dekat. “Akan dipertimbangkan diganti yang baru atau dengan Plt (Pelaksana Tugas),” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...