Tugas Besar Daerah untuk Pulihkan Ekonomi: Benahi Izin hingga SDM

Rizky Alika
25 Mei 2021, 20:06
ekonomi, daerah, perizinan, sdm
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan salah satu hotel di Jalan Udayana, Mataram, NTB, Senin (1/2/2021). Kementerian Keuangan meminta kepala daerah membenahi sejumlah hal demi menopang pertumbuhan ekonomi nasional.

Pemerintah saat ini tengah berupaya memulihkan perekonomian nasional yang terimbas pandemi Covid-19. Staf Khusus Menteri Keuangan Masyita Crystallin meminta pemerintah daerah menjadi ujung tombak pulihnya ekonomi RI.

Masyita juga menyampaikan sejumlah aspek pembenahan yang bisa menjadi porsi daerah. Beberapa di antaranya adalah pemulihan kondisi pelaku usaha, pembenahan Sumber Daya Manusia (SDM), hingga memangkas perizinan.

"Secara keseluruhan, peningkatan pertumbuhan ekonomi yang paling besar value added-nya adalah pemerintah daerah," kata Masyita dalam webinar Pentahelix dan Percepatan Pemulihan Ekonomi Kota di Indonesia, Selasa (25/3).

Dia menjelaskan saat pandemi, sejumlah pelaku usaha terkena dampak krisis terlebih dahulu. Padahal, sektor usaha menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar serta memberikan andil terhadap perekonomian nasional.

Dengan situasi tersebut, pemerintah daerah memiliki peranan penting untuk memulihkan kondisi para pelaku usaha. "Karena pelaku usaha banyak di daerah," ujar Masyita.

Kepala daerah diharapkan bisa mendorong pelaku usaha bangkit saat ekspansi fiskal mulai dikurangi. Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi tidak hanya bergantung pada belanja pemerintah. 

Oleh sebab itu, pemerintah daerah diharapkan meningkatkan kapasitas SDM, salahs atunya dengan mengikuti program beasiswa pemerintah. Beasiswa tersebut diaharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta bisa memajukan perekonomian daerah.

Selain itu, kepala daerah diminta untuk pro aktif dalam membantu masuknya investor. Hal ini dilakukan dengan mempermudah perizinan hingga menciptakan lingkungan yang mendukung para investor.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...