Gaduh Sumbangan Misterius Rp 2 T Akidi Tio, Kapolda Sumsel Minta Maaf

Ameidyo Daud Nasution
5 Agustus 2021, 16:03
akidi tio, kapolda, polisi, sumbangan 2 triliun
ANTARA FOTO/Feny Selly/hp.
Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Eko Indra Heri di Mapolda Sumsel Palembang, Sumsel, Rabu (23/12/2020). Eko pada Kamis (5/8) meminta maaf karena kegaduhan akibat wacana sumbangan rp 2 triliun keluarga Akidi Tio tak jelas keberadaannya.

Kepala Polisi Daerah Sumatera Selatan Inspektur Jenderal Pol Eko Indra Heri meminta maaf kepada seluruh masyarakat karena hibah Rp 2 triliun dari mendiang Akidi Tio belum jelas keberadaannya. Eko mengaku tak berhati-hati memastikan donasi yang sebenarnya akan digunakan untuk penanggulangan Covid-19 di Sumsel itu.

Nama Akidi Tio naik daun lantaran keluarganya menyatakan akan menyumbang Rp 2 triliun demi penanganan corona di Sumsel. Namun belakangan hibah tersebut tak jelas kelanjutannya.

Bahkan masyarakat di jagat media sosial ramai-ramai menyebut sumbangan tersebut bohong. Kabar itu muncul ketika anak bungsu Akidi Tio, Heriyanti, dijemput aparat Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumsel.

“Kegaduhan yang terjadi dapat dikatakan sebagai kelemahan saya sebagai individu. Saya memohon maaf, ini terjadi akibat ketidakhati-hatian saya,” kata Eko saat konferensi pers di Mapolda Sumsel, Kamis (5/8) dikutip dari Antara.

 Eko menceritakan gaduh sumbangan tersebut berawal saat dirinya dihubungi Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nurainy dan dokter keluarga Akidi yakni Hardi Darmawan, Jumat (23/7) untuk membicarakan donasi tersebut.

“Saya sebagai Kapolda dipercayakan untuk mengawal transparansi penyaluran bantuan,” katanya.

Eko, yang kepalang percaya terhadap insiasi tersebut, tak mendalami kepastian keberadaan dana itu. Ia beralasan sudah diyakinkan bahwa pencairan uang hanya tinggal diproses saja.

Belakangan, dana hibah tersebut semakin tak jelas keberadaannya dan menjadi masalah. Namun Eko mengaku tak mengenal Heryanti, melainkan hanya kenal Akidi dan anak sulungnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...