Bisa Gantikan Beras, Jokowi Minta Mentan Seriusi Budi Daya Porang

Rizky Alika
19 Agustus 2021, 16:29
jokowi, porang, ekspor, pertanian
Katadata
Presiden Joko Widodo di pabrik pengolah porang PT Asia Prima, Madiun, Kamis (19/8). (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo meminta ekspor porang untuk digarap dengan lebih serius. Sebab, tanaman sejenis umbi-umbian tersebut memiliki potensi yang masih terbuka lebar.

Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan porang bakal menjadi makanan masa depan lantaran rendah kalori, rendah karbon, dan bebas kadar gula. Dengan kandungannya itu, tanaman ini bisa menjadi alternatif pengganti beras karena lebih sehat

"Saya tadi sudah menyampaikan ke Menteri Pertanian agar betul-betul seriusi komoditas baru ini, porang," kata Jokowi di pabrik pengolah porang PT Asia Prima, Madiun, Kamis (19/8).

 Tak hanya itu, tanaman ini juga bisa bernilai tinggi jika dikembangkan dengan serius. Jokowi mengatakan, 1 hektare porang bisa menghasilkan 15-20 ton porang. Pada musim tanam pertama, hasilnya bisa 40 juta ton porang dalam kurun 8 bulan. "Ini sebuah nilai yang sangat besar," katanya.

Selain itu, porang memberikan nilai tambah ke petani. Untuk itu, Kepala Negara meminta ekspor porang tidak dilakukan dalam bentuk mentah. "Tadi sudah setengah jadi dalam bentuk tepung dan insya Allah tahun depan bisa barang jadi yaitu beras porang," ujar dia.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan eskpor porang bisa dalam bentuk olahan, termasuk beras porang shirataki yang harganya mahal. Ia pun berharap Madiun akan menjadi sentra industri olahan porang.

“Jadi nantinya masyarakat global tidak lagi hanya mengenal beras porang shirataki dari Jepang, tapi juga ada beras porang dari Madiun,” kata Syahrul saat mengunjungi PT Asia Prima Konjac Madiun, Jumat (30/07).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...