Jokowi Bakal Berikan Insentif Modal untuk Industri Film Indonesia

Rizky Alika
6 September 2021, 15:00
film, jokowi, insentif
ANTARA FOTO/FB Anggoro/wsj.
Sejumlah penonton duduk menjaga jarak di dalam studio pada hari pertama pembukaan kembali bioskop Cinepolis Cinemas, di Mal Living World, Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (31/3/2021). Satuan Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Riau mengizinkan bisnis bioskop untuk buka kembali setelah ditutup selama setahun akibat pandemi dengan syarat menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat.

Presiden Joko Widodo dikabarkan akan memberikan insentif kepada industri film Indonesia. Bantuan itu diberikan untuk mendukung modal produksi dan produktivitas sineas Tanah Air di kala pandemi melanda. 

Hal tersebut disampaikan Ketua Bidang Penjurian Festival Film Indonesia 2021 Garin Nugroho usai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakartal, Kamis (6/9). Tak hanya itu, Presiden juga berencana hadir dalam festival yang digelar tanggal 10 November tersebut.

"Kalau tidak ada aral melintang (Presiden) hadir di FFI pada tanggal 10 dan memberikan bantuan insentif pada orang film," kata Garin di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (6/9).

Garin mengatakan insentif itu telah disetujui oleh Kementerian Keuangan dan tengah diproses oleh pemerintah dengan para pelaku industri film. Tak hanya itu, Jokowi pun menilai, insan film Indonesia telah adaptif dalam menghadapi pandemi.

Hal ini tercermin dari jumlah film yang banyak diproduksi pada tahun ini. Selain itu, para sineas juga mampu mengikuti ajang festival internasional, seperti Toronto International Film Festival, Busan International Film Festival, dan lainnya.

Untuk itu, Kepala Negara menilai dunia film tumbuh dengan baik dari segi kualitas, produktivitas, dan adaptasi dunia baru. "Sehingga Presiden menjanjikan untuk hadir dalam FFI," katanya.

Ketua Komite FFI Reza Rahardian menambahkan, ada 88 film Indonesia yang diproduksi pada 1 Oktober 2020-31 Agustus 2021. "Di tengah situasi seperti ini rasanya cukup menggembirakan," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...