Sanak Kerabat di Kontestasi Pilkada 2020

Tak hanya anak dan menantu presiden, sejumlah anggota keluarga dan kerabat pejabat di Istana ikut serta dalam Pilkada 2020.
Image title
Oleh Yosepha Pusparisa
9 Agustus 2020, 15:15

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 diwarnai dengan ikut sertanya sejumlah kerabat pejabat Istana. Fenomena ini memperkuat tudingan dinasti politik terhadap para pejabat negara.

Gibran Rakabuming, anak Presiden Joko Widodo resmi maju menjadi calon Wali Kota Solo. Lelaki berusia 32 tahun itu menegaskan bahwa keikutsertaannya dalam Pilkada Solo 2020 sebagai kontestasi. Selain itu, adik ipar Gibran, Bobby Nasution turut mencalonkan diri sebagai Wali Kota Medan.

Selain keluarga presiden, sejumlah nama kerabat pejabat istana juga bermunculan, seperti Siti Nur Azizah. Putri dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin ini bakal bersaing merebut kursi Wali Kota Tangerang Selatan. Kemudian Irman Yasin Limpo bergabung dalam Pilkada 2020. Adik Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo tersebut akan maju sebagai calon Wali Kota Makassar.

Menurut analis politik Exposit Strategic Arif Susanto, dinasti politik akan berbahaya sebab memicu terjadinya pemusatan kekuasaan dan ekonomi. Akibatnya, oligarki di Indonesia juga makin kuat. “Kita lihat kecederungannya ini semakin meningkat,” kata Arif.