Pertamina Selesaikan Proses Akuisisi Maurel & Prom

Pertamina sudah menyiapkan dana sekitar 1 miliar euro untuk menambah kepemilikannya di perusahaan migas asal Perancis, Maurel & Prom.
Arnold Sirait
26 Agustus 2016, 15:19
Pertamina logo
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina (Persero) akhirnya menyelesaikan proses akuisisi perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Perancis Maurel & Prom. Pertamina mengakuisisi Maurel & Prom setelah membeli 47.916.026 lembar saham atau 24,53 persen kepemilikan Pacifico.

Proses akuisisi ini sebenarnya sudah dimulai sejak penandatanganan kesepakatan antara Pertamina dan Pacifico pada 31 Juli 2016 lalu. Segala proses pengambilalihan saham Maurel & Prom dari Pacifico sudah selesai pada 25 Agustus 2016. Nilai transaksinya mencapai 201,2 euro. (Baca: Pertamina Akuisisi Perusahaan Migas Perancis)

Sebenarnya harga setiap saham Maurel & Prom yang dilepas Pacifico sebesar 4,2 euro per lembar. Namun, Pertamina harus membayar biaya tambahan sebesar 0,5 euro, jika selama proses pembayaran yakni 1 Januari – 31 Desember 2017, harga minyak jenis Brent di atas US$ 65 per barel selama 90 hari berturut-turut.

Dalam transaksi ini, Pertamina menunjuk Crédit Agricole Corporate and Investment Bank sebagai penasehat keuangan eksekutif dan Hogan Lovells sebagai penasehat hukum. Sementara Pacifico menujuk BCTG Avocats sebagai penasehat hukumnya.

Advertisement

Setelah proses ini Direksi Maurel & Prom juga menawarkan seluruh sahamnya kepada PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi (PIEP). Penawarannya dilakukan melalui otoritas bursa Perancis dengan dua skema. Pertama, menawarkan dengan kondisi yang sama ketika ditawarkan Pacifico. Kedua, di menerbitkan obligasi sesuai dengan saham ditambah bunga pada 2019 dan 2021. (Baca: Berkat Efisiensi, Laba Pertamina Semester I Melonjak 221 Persen)

Proses penawaran tersebut diharapkan selesai akhir 2016. Dewan Direksi Maurel&Prom juga sudah sepakat mendukung proses penawaran ini. Mereka juga berniat untuk merekomendasikan pemegang saham lain untuk melepas sahamnya kepada Pertamina.

Sesuai dengan peraturan yang berlaku, Dewan Direksi Maurel & Prom akan memberikan opini terhadap penawaran tender. Ini setelah memperoleh pendapat kewajaran dari Ledouble yang merupakan ahli independen telah ditunjuk.

Terkait hal ini, Direktur Keuangan Pertamina Arief Budiman mengatakan Pertamina sudah menyiapkan dana sekitar 1 miliar euro untuk menambah kepemilikannya di Maurel & Prom. “Ini jalan masuk ke Gabon, Tanzania dan negara-negara Afrika yang masih banyak potensi,” kata dia di Jakarta, Kamis (25/8).

Di sisi lain, Dewan Direksi Maurel et Prom menunjuk Denie S Tampubolon mewakili Pertamina sebagai direksi di perusahaan tersebut. Denie menggantikan Direktur Maurel & Prom sebelumnya, Emmanuel de Marion de Glatigny, yang mengundurkan diri. (Baca: Pertamina - Petronas Jalin Kerjasama Eksplorasi dan LNG)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait