Pemerintah Minta Pertamina Segera Kirim Proposal Blok Mahakam

Aria W. Yudhistira
9 Februari 2015, 18:35
Katadata
KATADATA
Pemerintah meminta Pertamina segera menyerahkan proposal kerja dan investasi di Blok Mahakam.

KATADATA ? Pemerintah meminta PT Pertamina (Persero) segera menyerahkan proposal pengelolaan Blok Mahakam pasca-2017. Pemerintah butuh kepastian mengenai rencana kerja dan investasi perusahaan pelat merah itu terhadap blok minyak dan gas bumi (migas) selepas mengambil alih dari perusahaan Prancis, Total E&P Indonesie.

Plt. Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral I.G.N. Wiratmadja mengatakan, jika Pertamina berlama-lama menyerahkan proposal bakal berdampak pada produksi migas di Blok Mahakam.

Bisa-bisa, produksi dari blok migas yang terletak di delta sungai Mahakam itu turun hingga 20 persen. Pada tahun lalu, rata-rata produksi gas di Blok Mahakam mencapai 1,7 juta standar kaki kubik per hari (mmscfd). Sedangkan produksi minyak mencapai 30 ribu barel per hari.

?Bisa penurunan karena serba nggak jelas. Nanti investasinya nggak dilaksanakan,? kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (9/2). (Baca: Kelola Blok Mahakam, Pertamina Butuh US$ 1 Miliar per Tahun)

Meski demikian, dia memaklumi jika sampai saat ini Pertamina belum juga mengajukan proposal. Pertamina perlu memikirkan secara matang mengenai rencana bisnis tersebut.

?Kemarin saya sudah diskusi dengan direktur hulunya. Sedang diskusi dan hampir final karena harus dibawa ke board of director, kemudian dibawa ke komisaris, lalu pemerintah,? ujar dia.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...