Presiden Jokowi Resmikan Program Listrik 35.000 Megawatt

Safrezi Fitra
4 Mei 2015, 11:57
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Pemerintah hari ini resmi meluncurkan program 35.000 megawatt (MW) untuk Indonesia. Peluncuran program ini akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di pantai Samas, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dalam peluncuran program ini, Presiden juga meresmikan peletakan batu pertama (groundbreaking) tiga proyek pembangkit di Sumatera Utara, Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan. Tiga proyek pembangkit ini berkapasitas 750 MW, yang termasuk dalam program tersebut.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan program ini  merupakan terobosan di sektor ketenagalistrikan, yang bertujuan untuk mempercepat pembangunan ekonomi Indonesia. Program 35.000 MW ini merupakan salah satu program unggulan dalam rangka mencapai salah satu sasaran Nawacita, yaitu mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis khususnya kedaulatan energi," kata dia dalam keterangan resminya, Senin (4/5).

Menurut dia, peluncuran program ini juga merupakan komitmen pemerintah dalam menjawab permasalahan bangsa dan negara, untuk menciptakan kedaulatan energi. Komitmen 35.000 MW sudah tertuang dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PT PLN (Persero) 2015-2024 yang telah disahkan dengan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 0074K/21/MEM/2015.

Dalam RUPTL tersebut ada 109 proyek Program 35.000 MW di seluruh Indonesia. Sebanyak 35 proyek berkapasitas 10.000 MW akan ditangani langsung PLN. Sementara sisianya sebanya 74 proyek berkapasitas 25.000 MW mengundang partisipasi swasta sebanyak 74 proyek.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...