Dongkrak Wisatawan, Proyek Infrastruktur Danau Toba Dikebut

Miftah Ardhian
5 Oktober 2016, 16:12
Danau Tondanau
Agung Samosir|KATADATA

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan sedang mengembangkan program sinkronisasi antara kementerian, lembaga, dan Badan Usaha Milik Negara dalam mengembangkan kawasan wisata Danau Toba. Tujuannya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke wilayah Sumatera Utara, terutama dari mancanegara.

Untuk itu, seluruh proyek infrastruktur yang menopang kawasan tersebut dikebut dengan target selesai pada triwulan  pertama 2019. “Infrastruktur jalan dari Tebing Tinggi - Siantar, Siantar - Danau Toba, toll road-nya harus jadi,” kata Luhut di Kantor Kementerian Energi, Jakarta, Rabu, 5 Oktober 2016. “Jalan dari pertigaan Kampung Ajibata ke (Bandara) Sibisa 12 kilometer dan tiga kilo meter dari Sibisa ke resort itu juga harus jadi.”

Meski demikian, tidak semua infrastruktur baru selesai pada 2019. Luhut meminta beberapa infrastruktur seperti peningkatan Bandara Sibisa kelar pada 2018. Masalah listrik yang biasanya mengganggu juga terselesaikan dengan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Hidro sebesar 70 MW pada tahun depan. (Baca: Genjot Pariwisata, Pemerintah Bangun Tol Medan - Danau Toba).

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan dalam pengembangan kawasan wisata Danau Toba memerlukan lahan 500 hektare. Pembangunan juga harus memerhatikan limbah yang dihasilkan, pencemaran terhadap danau, sampai ke keramba jaring apung yang digunakan.

Hal-hal tersebut butuh pendalaman lebih lanjut di Kementerian Lingkungan Hidup. Siti berjanji permasalahan tersebut dapat terselesaikan pada 2019. “Jadi, hari Jumat akan dilakukan drone pemetaan secara keseluruhan,” ujar Siti.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...