Dioperasikan Besok, Tarif Tol Desari Gratis Selama Sepekan

Ameidyo Daud Nasution
26 September 2018, 20:51
Jalan tol
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi jalan tol

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan meresmikan jalan tol Depok-Antasari (Desari) Seksi I untuk ruas Antasari-Brigif sepanjang 5,8 kilometer pada Kamis (27/9) malam. Selama sepekan pertama pengoperasian tol ini, pengguna akan digratiskan dari pengenaan tarif tol.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, BPJT masih menghitung tarif yang akan diberlakukan ketika jalan tol tersebut telah beroperasi penuh. Namun, tidak tertutup kemungkinan tarif yang akan diberlakukan sebesar Rp 1.000 per km layaknya tol di luar kota yang sedang dibangun. "Masih proses, nanti akan diumumkan tarifnya setelah ditetapkan," kata Herry, di Jakarta, Rabu (26/9).

Tol ini merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional yang dikerjakan Waskita Toll Road (WTR), yang memiliki 25% saham Citra Waspphutowa. Dalam pekerjaan proyeknya, pembangunan tol ini sempat terganggu oleh kerusakan girder.

Selain Desari, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, tol Pejagan-Pemalang dan Solo-Sragen juga akan diresmikan bulan ini. Ruas Tol Sragen-Ngawi dan Porong-Gempol siap dioperasikan bulan ini sedangkan Tol Salatiga-Kartasura akan menyusul pada Oktober 2018.

Tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang siap diresmikan secara penuh pada November 2018. Sementara itu, tol Wilangan-Kertosono serta Pasuruan-Grati-Probolinggo siap digunakan secara penuh pada Desember mendatang. "Tol Pejagan-Pemalang dan Solo-Sragen sudah 100% dan siap dioperasikan," kata Basuki.

(Baca: Kementerian PUPR Akan Lelang 5 Ruas Tol Baru Tahun Ini)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...