KPK Bantah Geledah Kantor PDI Perjuangan

Image title
10 Januari 2020, 07:03
KPK, PDIP
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar (tengah), Ketua KPU Arief Budiman (kiri) dan Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri (kanan) memberikan keterangan pers soal operasi tangkap tangan (OTT) KPK yang menjerat seorang komisioner KPU di gedung KPK, Jakarta, Kamis (9/1/2020). Kasus ini juga melibatkan politikus PDIP.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan tidak menggeledah kantor DPP PDI Perjuangan (PDIP). Sebab, beredar isu bahwa KPK dihalangi petugas keamanan ketika berupaya menggeledah kantor partai politik tersebut.

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar menjelaskan pihaknya hanya berusaha mengamankan objek-objek vital dengan memasang penanda berupa garis KPK yang berbentuk seperti garis polisi. Namun, upaya itu justru dihalangi pihak keamanan karena harus menunggu persetujuan petinggi partai.

"Jadi bukan gagal atau tidak dapat melakukan penggeledahan karena bukan tindakan penggeledahan," kata Lili saat menggelar konferensi pers di Gedung Merah Putih, Jakarta, Kamis (9/1) malam.

Menurut dia, anggotanya telah mengantongi surat tugas sesuai dengan prosedur yang berlaku. Meski demikian, pihak kemanan terlalu lama mendapatkan izin dari petinggi partai sehingga rencana pemasangan KPK Line pun dibatalkan.

Petugas KPK juga mengamankan beberapa tempat lainnya  selain kantor DPP PDIP. Namun, dia tak menjelaskan objek mana saja yang akan dipasang garis KPK

"Kemudian teman-teman ini harus berbagi menempatkan garis KPK di tempat-tempat lain dan ini ditinggalkan," ujar Lili.

(Baca: Kabar KPK Geledah Ruang Hasto, PDIP Akan Taat Hukum)

KPK dikabarkan berencana menggeledah ruangan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di DPP PDIP, Jakarta, Kamis (9/1). Namun para penyidik komisi antirasuah tidak diizinkan menyegel kantor partai politik tersebut. 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...