Mengintip Potensi Migas yang akan Jadikan Bojonegoro Kabupaten Terkaya

Happy Fajrian
30 Oktober 2022, 13:34
jambaran tiung biru, migas, lapangan gas, skk migas, pertamina
Katadata
Fasilitas pemrosesan gas lapangan Jambaran Tiung Biru di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, memiliki sumber daya minyak dan gas (migas) yang melimpah. Salah satu lapangan migas yang telah mulai berproduksi yaitu Jambaran Tiung Biru (JTB) yang dapat menghasilkan gas sebesar 192 juta standar kaki kubik per hari (mmscfd) hingga 2035.

Jambaran Tiung Biru berlokasi di Desa Bandungrejo, Ngasem, Bojonegoro, Jawa Timur, merupakan salah satu lapangan gas terbesar di Indonesia. General Manager Gas Project JTB Pertamina EP Cepu Ruby Mulyawan menunjukkan bahwa Bojonegoro memiliki kekayaan migas yang luar biasa.

“Kabupaten Bojonegoro ini luar biasa kaya. Kalau dapat dimonetisasi semua, akan sangat luar biasa dampaknya ke Bojonegoro,” ujarnya kepada wartawan saat media visit lapangan gas Jambaran Tiung Biru, Bojonegoro, beberapa waktu lalu, Rabu (26/10).

Dia mencontohkan, pada proyek JTB saja, gas yang dihasilkan mencapai 315-330 juta standar kaki kubik per hari (mmscfd) hanya dari enam sumur, atau satu sumur menghasilkan rata-rata 60 mmscfd gas.

“Banyak lapangan (migas) di Indonesia yang hanya menghasilkan 20-30 juta (mmscfd) dari banyak sumur. Ini (JTB) hanya dari satu sumur saja 60 juta. Reservoir-nya memang besar sekali. Diharapkan menjadi salah satu penghasil gas terbesar di Jawa Timur dengan produksi 192 juta,” kata Ruby.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...