Alih-alih Garap Bisnis Migas, ESDM Minta PLN Gandeng Pertamina

Muhamad Fajar Riyandanu
12 April 2023, 09:40
pln, bisnis migas, pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA
Pekerja PLN.

Kementerian ESDM meminta PLN untuk memperkuat kerja sama dengan PT Pertamina untuk memenuhi kebutuhan suplai bahan bakar pembangkit listrik. Langkah ini dinilai lebih efektif ketimbang membuka izin usaha niaga gas dan BBM secara mandiri.

Direktur Jenderal Migas, Tutuka Ariadji, menyampaikan bahwa PLN dapat memenuhi kebutuhan bahan bakar pembangkit melalui penguatan kerja sama dengan badan usaha eksisting alih-alih mengupayakan untuk memeroleh izin usaha niaga gas dan BBM.

"PLN mengajukan izin itu. Tapi menurut kami, PLN bisa mengupayakan kerja sama dengan badan usaha yang sudah ada seperti Pertamina," kata Tutuka saat ditemui di Gedung Nusantara I DPR Jakarta pada Selasa (11/4).

Pengajuan izin usaha niaga gas dan BBM PLN itu berawal dari arahan Kementerian BUMN untuk melakukan optimalisasi aset yang dimiliki oleh negara. Hal tersebut merupakan langkah perseroan untuk menjamin dan menjaga pemenuhan kebutuhan energi primer pembangkit listrik milik PLN Grup.

Dengan begitu, PLN melalui PT PLN Energi Primer Indonesia (EPI) akan bertindak sebagai badan usaha niaga migas untuk menyediakan gas, LNG, dan bahan bakar kepada PLN Grup tanpa berusaha menjadi agregator impor gas.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...