Jaga Pasokan Listrik Smelter Freeport, ESDM Resmikan RUPTL Gresik

Muhamad Fajar Riyandanu
26 Juni 2023, 21:50
Jaga Pasokan Listrik Smelter Freeport, ESDM Resmikan RUPTL Gresik
ANTARA FOTO/Zabur Karuru/foc.
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan proyek Smelter Freeport di kawasan Java Integrated and Industrial Port Estate (JIIPE), Manyar, Gresik, Jawa Timur.

Kementerian ESDM mengesahkan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik atau RUPTL PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS) untuk menjaga pasokan tenaga listrik di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Jisman Parada Hutajulu, mengatakan pengesahan RUPTL itu ditujukan untuk mewujudkan penyediaan tenaga listrik dengan keandalan tinggi sekaligus mendukung percepatan pertumbuhan industri manufaktur di kawasan ekonomi yang terletak di pesisir Selat Madura tersebut.

"Dengan pasokan tenaga listrik yang andal, kita harapkan investasi baru di sektor industri di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) terus tumbuh," kata Jisman pada acara Diseminasi RUPTL PT BKMS 2023-2032 di Gresik, dikutip dari siaran pers pada Senin (26/6).

KEK Gresik memiliki luas area 2.167 hektar dan diisi oleh kegiatan usaha smelter tembaga-baja, industri elektronik, industri kimia, energi hingga logistik. Satu di antara perusahaan yang menetap di KEK Gresik adalah PT Freeport Indonesia. BKMS merupakan badan usaha pemegang wilayah usaha di JIIPE yang merupakan KEK Gresik sekaligus merupakan proyek strategis nasional (PSN).

"Dalam hal ini kami mendorong BKMS untuk menyediakan tenaga listrik yang andal kepada semua tenant termasuk PT Freeport Indonesia yang telah berkomitmen melaksanakan pemurnian mineral di Kawasan JIIPE," ujar Jisman.

Jisman menyampaikan, perencanaan ketenagalistrikan merupakan salah satu proses penting dalam pengelolaan dan pengembangan sistem tenaga listrik. Keseimbangan antara kebutuhan dan pasokan tenaga listrik diperlukan guna mendapatkan sistem tenaga listrik yang andal, efisien, dan berkelanjutan.

Untuk menjamin keandalan pasokan tenaga listrik, dalam melakukan perencanaan perlu menyiapkan reserve margin yang cukup, baik untuk menjaga kontinuitas pasokan pada saat beberapa unit pembangkit memasuki masa maintenance maupun untuk antisipasi dinamika kebutuhan tenaga listrik.

"Apabila pasokan tenaga listrik mengalami kekurangan atau defisit, maka dapat berpotensi tidak menarik bagi investor untuk menanamkan modalnya di sektor industri terutama di kawasan seperti JIIPE ini," kata Jisman.

Jisman menambahkan, pemerintah berkomitmen kuat dalam pengembangan PSN guna mendorong pertumbuhan ekonomi seperti melalui industri manufaktur dan hilirisasi pemurnian mineral. Komitmen itu bertujuan untuk memastikan bahwa PSN dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi pembangunan ekonomi dan sosial serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...