Akuisisi Rampung, Pertamina dan Petronas Resmi Kelola Blok Masela

Muhamad Fajar Riyandanu
25 Juli 2023, 11:16
blok masela, shell, pertamina, petronas
Katadata/Muhammad Fajar Riyandanu
Penandatanganan PSA Blok Masela oleh Petronas, Pertamina, dan Shell.

PT Pertamina dan Petronas resmi mengambil alih 35% saham hak partisipasi proyek LNG Blok Masela milik Shell.    Divestasi hak partisipasi itu diresmikan melalui seremoni penandatanganan perjanjian jual beli saham atau sales and purchase agreement (SPA) antara Pertamina, Petronas, dan NBD Asia Pacific Shell.

Adapun perjanjian jual beli saham atau sales and purchase agreement ditandatangani oleh Direktur Utama PT Pertamina Hulu Energi Wiko Migantoro, Direktur Utama upstream Petronas Datuk Adif Bin Zulkifli dan Direktur Keuangan untuk Divestasi dan Akuisisi, dan NBD Asia Pacific Shell Kuo Tong Soo.

Sementara nota kesepahaman kemitraan pengembangan Blok Masela diteken oleh Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati dan Direktur Utama Inpex Corporation Takayuki Ueda. Dua penandatangan tersebut dilakukan pada acara pembuka IPA Convex di ICE BSD Tangerang pada Selasa (25/7).

Penandatanganan itu juga disaksikan oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif, Direktur Jenderal Migas Tutuka Ariadji, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, dan Presiden dan Ketua Pegawai Eksekutif Kumpulan Petronas Tan Sri Tengku Muhammad Taufik.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyampaikan bahwa masuknya Pertamina di Blok Masela demi menjaga pasokan migas dari sisi hulu sekaligus memenuhi kebutuhan energi nasional

“Selain mengelola lapangan eksisting maka diperlukan strategi untuk mengembangkan lapangan baru, salah satunya adalah Lapangan Abadi di Blok Masela,” kata Nicke.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...