Cadangan Migas Bertambah 495 Juta Barel dalam Tujuh Bulan

Muhamad Fajar Riyandanu
1 September 2023, 19:57
cadangan migas, migas,
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Produksi hulu migas berlangsung di Anjungan Central Plant dan Anjungan Bravo Flow Station Pertamina Hulu Energi (PHE) Offshore North West Java (ONWJ), lepas pantai utara Subang, Laut Jawa, Jawa Barat, Senin (3/4/2023).

Cadangan migas atau minyak dan gas bertambah sekitar 495 juta barel setara minyak alias MMBOE dalam tujuh bulan. Dengan begitu, jumlahnya diperkirakan melebihi realisasi tahun lalu.

Deputi Eksplorasi, Pengembangan dan Manajemen Wilayah Kerja SKK Migas, Benny Lubiantara menyampaikan, kenaikan cadangan migas tersebut terdiri dari:

  • Minyak 91 juta barel atau MMBO
  • Gas 2.261 billion cubic feet alias BSCF

Penambahan cadangan migas tersebut berasal dari persetujuan 18 Plan of Development atau POD. Ia mengatakan, terdapat penambahan cadangan yang signifikan dalam sebulan terakhir yakni 155 MBOE atau naik sekitar 46%.

“Dapat dipastikan posisi cadangan migas nasional akan lebih besar dibandingkan tahun lalu”, kata Benny dalam siaran pers, Jumat (1/9).

Ia menyampaikan, SKK Migas akan terus mengakselerasi penyelesaian POD yang diajukan oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama atau KKKS. Dengan begitu, seluruh pengajuan yang masuk ke SKK Migas bisa diselesaikan tahun ini.

“Maka, cadangan migas nasional dapat dipastikan akan bertambah lebih besar dibandingkan tahun lalu”, Benny menambahkan.

Upaya SKK Migas mempercepat penyelesaian POD berkontribusi pada upaya meningkatkan cadangan migas, yang berdampak pada peningkatan usia produksi migas.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...