ESDM: Proyek Tangguh Train III Mulai Produksi Akhir November 2023

Muhamad Fajar Riyandanu
6 Oktober 2023, 06:34
proyek tangguh train iii, tangguh lng, lng, kementerian esdm,
BP
Proyek Tangguh Train III.

Kementerian ESDM menyatakan proyek Tangguh Train III di Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat, berpotensi menjalankan produksi pertama alias first drop pada akhir November 2023.

Target tersebut disepakati saat rapat terbatas atau ratas kabinet terkait strategi percepatan penyelesaian PSN di Istana Merdeka pada Kamis (5/10). "Yang mau diresmikan itu Tangguh III LNG, nanti November akhir sudah produksi," kata Menteri ESDM Arifin Tasrif saat ditemui wartawan usai ratas.

Selain Arifin, beberapa pejabat negara yang terpantau hadir dalam rapat terbatas itu yakni, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Proyek LNG Tangguh Train III yang dijalankan oleh BP itu memiliki kapasitas produksi 3,8 metrik ton per tahun dan akan diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan gas domestik. Hal ini termasuk untuk kebutuhan pembangkit listrik PT PLN.

Adapun pengembangan proyek tersebut mengacu pada persetujuan POD II dengan nilai investasi dapat mencapai US$ 11 miliar atau setara Rp 159 triliun.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...