Harga Minyak Jatuh Hampir 2%, Pasar Khawatirkan Kondisi di Laut Merah

Happy Fajrian
28 Desember 2023, 07:29
harga minyak
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/hp.
Sebuah kapal tanker pengangkut LPG berlabuh di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (11/11/2020).

Harga minyak merosot hampir 2% pada perdagangan Rabu (27/12). Pasar mengantisipasi perkembangan konflik di Laut Merah di mana kapal-kapal logistik mulai melalui jalur itu lagi meski masih ada serangan dari kelompok Houthi Yaman.

Harga Brent turun US$ 1,42 atau 1,8% menjadi US$ 79,65 per barel, sedangkan minyak West Texas Intermediate (WTI) turun US$ 1,46 atau 1,9% menjadi US$ 74,11 per barel.

Perusahaan pelayaran Denmark, Maersk, mengatakan pihaknya telah menjadwalkan beberapa lusin kapal kontainer untuk melakukan perjalanan melalui Terusan Suez dan Laut Merah dalam beberapa minggu mendatang. Maersk sempat menghentikan pengiriman melalui rute tersebut bulan ini paskaserangan oleh kelompk milisi Houthi.

CMA CGM Perancis juga mengatakan pihaknya melanjutkan perjalanan melalui Laut Merah setelah pengerahan satuan tugas multinasional ke wilayah tersebut.

“Saya pikir kita harus menunggu dan melihat apakah peningkatan patroli angkatan laut dan pengalihan rute kapal akan menyebabkan penurunan serangan,” kata Callum Macpherson, kepala komoditas di Investec seperti dikutip Reuters, Kamis (28/12).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...