Cerita Pilu Konsumen Meikarta, Cicilan Lunas tapi Belum Terima Unit

Tia Dwitiani Komalasari
13 Desember 2022, 18:34
Pembangunan tower apartment Meikarta Distrik 1 di Jl. Orange County Boulevard, Cibatu, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (11/9/2020).
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Pembangunan tower apartment Meikarta Distrik 1 di Jl. Orange County Boulevard, Cibatu, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (11/9/2020).

Nasib ribuan konsumen apartemen Meikarta terombang-ambing tanpa kejelasan. Mereka belum mendapatkan unit apartemen meskipun rutin membayar cicilan sejak 2017 lalu.

Salah satu konsumen tersebut adalah Rosliani. Dia telah melakukan akad pembelian apartemen Meikarta yang dibangun oleh PT Lippo Karawaci di Cikarang, Kabupaten Bekasi, sejak Oktober 2017.

Perempuan berusia 40 tahun tersebut membeli apartemen Meikarta untuk tujuan investasi. Dia membeli apartemen Studio seluas 21,91 m2 di distrik 2 Tower S2 seharga Rp 156 juta jika dibayar tunai.

"Namun saya membelinya melalui KPA (Kredit Pemilikan Apartemen) dengan cicilan Rp 2.791.000 per bulan. Saya waktu itu juga sudah memberikan DP," ujarnya kepada Katadata.co.id, Selasa (13/12).

Masih rata dengan tanah

Dia mengatakan, sudah mulai mencicil KPA sejak Januari 2018. Rosliani dijanjikan akan menerima unit apartemennya paling lambat Agustus 2019.

Jelang waktu yang ditentukan, Rosliani gelisah karena belum ada pemberitahuan apa pun dari pengembang. Dia mulai menanyakan kejelasan serah terima unit apartemennya ke pengembang, namun tidak mendapatkan kepastian.

Didorong penasaran, Rosliani mengecek progress pembangunan apartemennya ke lokasi. Betapa terkejutnya dia karena menemukan bahwa tower apartemenya masih rata dengan tanah. Belum nampak pembangunan atau konstruksi apartemen sama sekali.

"Sejak Agustus itu saya cari info ko kaya gini ya. Akhirnya saya ke sana ternyata masih tanah, gak ada garapan sama sekali," ujarnya

Dia pun mulai giat mencari informasi lebih dalam mengenai apartemennya. Rosliani kemudian menemukan komunitas konsumen Meikarta di Facebook

"Ternyata di sana sudah ramai, sudah ada ratusan orang yang nanya kapan apartemen jadinya," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...