Sepi Peminat, Penyaluran Subsidi Motor Listrik Baru Empat Unit

Nadya Zahira
12 Juni 2023, 15:27
Motor Listrik Electrum
Dok Electrum

Kementerian Perindustrian atau Kemenperin mencatat subsidi motor listrik baru tersalurkan untuk empat unit motor listrik per 12 Juni 2023 pukul 14.24 WIB. Penyaluran tersebut diberikan setelah penerima memenuhi persyaratan dan lulus verifikasi.

Sementara jumlah motor listrik subsidi yang sudah lulus verifikasi mencapai lima unit. Total pengajuan subsidi motor listrik yang masih dalam proses pendaftaran sejumlah 724 unit.

Dengan demikian, masih terdapat sisa kuota subsidi  motor listrik untuk 199.267 unit. Sebagai informasi, pemerintah menyediakan subsidi motor listrik untuk 200.000 unit motor listrik pada 2023.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan menarik minat masyarakat untuk mendaftar dalam program subsidi Kendaraan Listrik Berbasis Baterai tidak mudah.

"Ini tidak mudah karena harus merubah cara berfikir, merubah kultur orang yang biasanya menggunakan fosil, harus dirubah ke listrik. Ini adalah masalah kultur, jadi ini akan memakan waktu," ujar Agus saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (12/6).

Padahal sebelumnya, dia mengatakan, Kemenperin mendapatkan tambahan anggaran untuk pelaksanaan bantuan pembelian kendaraan listrik berbasis baterai atau KLBB sebesar Rp 1,4 triliun pada 2023.

Oleh sebab itu, Agus mengatakan, pemerintah sedang mengupayakan untuk bisa menggenjot minat masyarakat terhadap pembelian kendaraan motor listrik, "Jadi harus betul betul kita mulai dan lakukan, itu sebabnya program bantuan pemerintah kita ambil," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...