Kementerian PUPR Bangun Jembatan Pulau Balang di Kaltim Rp 471 Miliar

Nadya Zahira
27 Juni 2023, 08:40
jembatan pulau balang, kaltim, ikn, kementerian pupr
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Sejumlah alat berat beroperasi pada pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten Penajem Pasert Utara, Kalimantan Timur, Kamis (8/6/2023).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR mulai membangun jembatan duplikasi bentang pendek Pulau Balang di Kalimantan Timur. Ini menjadi salah satu akses menuju Ibu Kota Negara atau IKN.

Konstruksi jembatan mulai dibangun pada Januari. Kontraktor pelaksana yakni PT Adhi Karya Duta Jakon (KSO), dengan nilai kontrak Rp 471 miliar.

Jembatan duplikasi itu menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara. Infrastruktur ini juga menjadi jalur utama angkutan logistik dan salah satu akses menuju Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara.

Ketua Satuan Tugas atau Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan, jembatan duplikasi itu penting untuk melengkapi Jembatan Pulau Balang bentang pendek sekaligus menghubungkan Jembatan Pulau Balang yang sudah selesai pembangunannya.

"Setelah jembatan ini dioperasikan, tentu sangat bermanfaat untuk mengurangi volume lalu lintas yang tinggi dan sebagai jalur logistik. Jembatan ini bagian dari jaringan konektivitas menuju IKN," ujar Danis Sumadilaga dalam keterangan pers Kementerian PUPR, dikutip Selasa (27/6).

Danis mengatakan, jembatan duplikasi bentang pendek Pulau Balang berada sekitar 500 meter dari jembatan bentang panjang Pulau Balang yang selesai dibangun pada 2021. Jembatan duplikasi bentang pendek Pulau Balang ini dibangun berdampingan dengan jembatan lama sepanjang 470 meter, yang rampung pada 2015.

Selain itu, jembatan duplikasi bentang pendek Pulau Balang dibangun sepanjang 511 meter dengan tipe rangka baja yang terdiri dari masing-masing empat pilar di zona laut dan darat.

"Saat ini progres fisik pekerjaan mencapai 11,6% dengan serapan keuangan 25,5%," kata Danis.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...