Bahlil Pertimbangkan Relokasi Warga Rempang Tetap di Dalam Pulau

Tia Dwitiani Komalasari
20 September 2023, 05:50
Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia, berdialog dengan warga Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (19/9).
Humas BKPM
Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia, berdialog dengan warga Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (19/9).

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, mempertimbangkan agar tempat relokasi warga Rempang tetap berada di dalam pulau. Dengan demikian, warga Rempang tidak perlu relokasi ke Pulau Galang atau pulau lainnya.

Bahlil mengatakan, dia telah mendengarkan aspirasi dari warga Rempang yang enggan digeser ke Pulau Galang, Batam.

Dia mengakui bahwa saat ini rencana pemerintah memang masih akan memindahkan masyarakat terdampak ke Pulau Galang. Namun, ia akan mengusahakan untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat agar pindah tetap di area Pulau Rempang.

 "Saya dengar masukan kalian, yakin kalau memang kita lakukan untuk kebaikan. Dan kita masih dalam perkampungan di Rempang, selama tidak menggangu masterplan yang ada sekarang, maka kita akan bahas sama-sama," kata Bahlil saat mengunjungi warga di Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (20/9).

Sebagai informasi, pemerintah berencana merelokasi 700 kepala keluarga pulau Rempang karena lokasi tersebut akan dibangun Proyek Rempang Eco City. Bahlil menargetkan, relokasi warga tersebut rampung 28 September.

Sistem Ganti Rugi

Bahlil juga menjelaskan secara rinci apa saja hak-hak warga yang mengalami pergeseran. Dia juga sudah mendapatkan data warga dari petugas pendataan.

Ia menegaskan bahwa pemerintah akan memperhatikan hak kesulungan, yaitu hak atau warisan yang diteruskan kepada seseorang dalam sebuah keluarga.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...