Apakah Boleh Ibu Hamil Makan Mie Instan? Temukan Jawabannya Disini

Siti Nur Aeni
13 Agustus 2021, 15:02
Ilustrasi mie instan
freepik.com
Ilustrasi mie instan

Semua orang pasti setuju, aroma mie instan memang selalu menggoda. Ada banyak jenisnya di pasaran dan semuanya memiliki penggemar yang tidak sedikit.

Mie instan merupakan makanan cepat saji yang mudah dijumpai. Meskipun memiliki banyak penggemar, tapi sebenarnya makanan ini kurang baik jika dikonsumsi setiap hari.

Yang kerap menjadi pertanyaan, bolehkah ibu hamil makan mie instan? Berikut jawabannya.

Kandungan Di Dalam Mie Instan

Mie instan sebagian besar terbuat dari tepung terigu. Namun, berdasarkan panduan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, sejak 2001 mie instan harus ditambah dengan berbagai nutrisi, mulai dari vitamin A, vitamin B, asam folat, zinc, dan zat besi.

Meskipun mengandung berbagai tambahan gizi, mie instan tetap mengandung pengawet, pewarna, dan perasa yang kurang baik dikonsumsi setiap hari. Selain itu, mie instan juga memiliki kandungan garam yang cukup tinggi.

Makan Mie Instan Saat Hamil Muda

Setelah mengetahui beberapa kandungan yang ada di dalam mie instan, mungkin Anda sudah dapat menyimpulkan apakah  ibu hamil boleh mengonsumsi mie instan? Jawabannya sebenarnya, boleh-boleh saja. Hanya, frekuensinya yang harus dikurangi. Para ahli sangat tidak menyarankan ibu hamil terlalu banyak makan mie instan.

Pada ibu hamil muda atau tua tidak diperkenan konsumsi mie instan berlebihan sebab makanan ini memiliki kandungan garam yang tinggi dan bisa menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Penyakit hipertensi inilah yang berbahaya untuk ibu dan bayi yang dikandungnya. Lebih baik mencari alternatif makanan lezat lainnya yang lebih sehat untuk mengurangi risiko gangguan kehamilan.

Dampak Ibu Hamil Sering Makan Mie Instan

Melansir dari laman hamil.co.id, berikut ini beberapa bahaya yang disebabkan mie instan untuk ibu hamil.

1. Pemicu maag

Penyakit pada saluran pencernaan ini mudah muncul kapan saja dan oleh siapa saja. Bagi orang yang memiliki riwayat asam lambung tidak disarankan mengonsumsi terlalu banyak mie instan karena kandungan natriumnya tinggi. 

Natrium yang ada di mie instan dapat menetralkan kadar asam lambung. Jika netral, maka lambung akan melakukan sekresi asam dalam kadar yang sangat banyak. Sekresi inilah yang menyebabkan asam lambung meningkat dan menyebabkan pengikisian pada area dinding lambung. Kondisi ini yang bisa menyebabkan perut menjadi perih. Jika terjadi terus menerus, maka muncul maag akut yang berakibat fatal, seperti lambung berlubang.

Pada ibu hamil muda bisa menyebabkan mual dan muntah terus-menerus. Sedangkan pada ibu hamil tua, kondisi ini dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan, mual, dan muntah.

2. Tekanan darah tinggi

Bahaya mie instan untuk ibu hamil selanjutnya yaitu risiko kenaikan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sama seperti maag, penyakit ini juga disebabkan oleh kandungan natrium yang terlalu tinggi. Jika ibu hamil mengalami tekanan diri maka akan muncul risiko penyakit komplikasi kehamilan yang berbahaya.

3. Keguguran

Selain natrium, di dalam mie instan juga ada beberapa zat kimia termasuk pengawet. Kandungan zat kimia ini ternyata mampu menembus plasenta. Kondisi ini yang bisa menyebabkan keguguran.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...