Ketimbang Tes Acak, KAI Diminta Antigen Covid-19 Semua Penumpang KRL

Rizky Alika
22 Juni 2021, 15:58
covid, kereta, krl, antigen
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Petugas medis (kiri) melakukan tes usap antigen kepada calon penumpang KRL (Kereta Rel Listrik) di Stasiun Bekasi, Jawa Barat, Senin (21/6/2021). Ahli meminta tes dilakukan tak secara acak namun kepada seluruh penumpang kereta.

PT KAI Commuterline Jabodetabek melakukan tes Covid-19 swab antigen secara acak kepada penumpang KRL selama satu minggu. Namun, epidemiolog menilai tes acak tersebut hanya pemeriksaan formalitas.

Hal tersebut lantaran tes sebenarnya harus dilakukan dengan sampel yang lebih besar. Dengan demikian keberadaan virus corona di tengah penumpang transportasi umum bisa diketahui.

"Seperti formalitas saja. Yang diperiksa hanya beberapa orang, harusnya penumpang di gerbong dikeluarkan semua lalu dites," kata epidemiolog dari Universitas Indonesia Tri Yunis Miko Wahyono saat dihubungi Katadata.co.id, Senin (21/6).

Sementara, Vice President Corporate Secretary PT KCI Anne Purba mengatakan, tes acak antigen pada hari pertama (22/6) dilakukan kepada 210 orang. Dari jumlah itu, sebanyak lima orang reaktif Covid-19.

"Kelimanya tidak diizinkan untuk melanjutkan perjalanan dan kemudian dilaporkan ke Satgas Covid setempat," ujar dia.

Adapun, jumlah pengguna KRL hingga pada Senin (22/6) pukul 16.00 WIB tercatat ada 269.239 orang. Jumlah itu berkurang sekitar 17% dibanding pekan lalu di waktu yang sama yang mencapai 320.766 orang.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...