Kebut Vaksinasi, Jokowi Akan Datangkan 331 Juta Vaksin Sampai Desember

Rizky Alika
31 Agustus 2021, 18:37
vaksin, jokowi, covid
Youtube/Setneg
Presiden Joko Widodo membacakan pidato kenegaraan dalam sidang tahunan MPR pada Senin (16/8).

Presiden Joko Widodo mengatakan pemberian vaksin Covid-19 akan terus dipercepat agar pemerintah dapat segera mencapai target kekebalan komunitas. Ia pun mencatat, 61,5 juta orang atau 29,5% warga telah mendapatkan vaksinasi tahap pertama. Sedangkan, 34,8 juta atau 16,7% warga telah mendapatkan vaksinasi tahap II.

Untuk itu, Indonesia akan mendapatkan tambahan vaksin sebanyak 331,67 juta dosis sepanjang Agustus-Desember 2021. Dari jumlah tersebut, sebanyak 285,67 juta dosis merupakan pesanan pasti, sedangkan 73 juta dosis merupakan pesanan belum pasti.

"Vaksinasi akan terus kita percepat agar segera memenuhi target," kata Jokowi dalam Kongres ISEI XXI dan Seminar Nasional 2021 secara virtual, Selasa (31/8).

Usai acara ISEI, Jokowi meninjau vaksinasi di Pondok Pesantren Miftahul Falah, Kuningan, Jawa Barat. Dalam kesempatan tersebut, Presiden menargetkan vaksinasi bagi pelajar dan santri akan dilakukan secara masif, terutama di daerah dengan tingkat penyebaran Covid-19 tinggi.

"Tadi saya juga bertanya kepada anak-anak. Angkat tangan yang ingin belajar tatap muka. Ternyata semuanya ingin segera pembelajaran tatap muka," kata Jokowi di Ponpes Miftahul Falah Kuningan, Selasa (31/8).

Pembelajaran tatap muka akan dimulai pada awal September atau pekan mendatang. Mantan Wali Kota Solo itu juga berharap, penularan Covid-19 varian delta bisa segera dikendalikan.

Di sisi lain, pelajar dan santri juga harus menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. "Semuanya pakai masker dan cepat-cepat kita semua divaksinasi," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...