RI Terima 224 Ribu Vaksin Covid-19 AstraZeneca dari Jepang Hari Ini

Ameidyo Daud Nasution
19 Oktober 2021, 19:02
Petugas kesehatan menunjukkan vaksin COVID-19 AstraZeneca di Sentra Vaksinasi Central Park dan Neo Soho Mall, Jakarta Barat, Sabtu (8/5/2021). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan mulai menggunakan vaksin AstraZeneca bagi warga yang bar
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Petugas kesehatan menunjukkan vaksin COVID-19 AstraZeneca di Sentra Vaksinasi Central Park dan Neo Soho Mall, Jakarta Barat, Sabtu (8/5/2021). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan mulai menggunakan vaksin AstraZeneca bagi warga yang baru akan divaksin atau mendapatkan dosis pertama vaksinasi.

Jumlah vaksin Covid-19 yang dikantongi Indonesia terus bertambah. Terbaru, sebanyak 224 ribu dosis AstraZeneca dari Pemerintah Jepang telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada hari ini.

Ratusan ribu vaksin tersebut merupakan bagian dari kerja sama dose sharing bilateral RI dengan Negeri Sakura sebanyak 1,9 juta dosis. Kedatangan vaksin akan dibagi menjadi enam gelombang hingga 22 Oktober.

Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi mengatakan kerja sama ini merupakan hasil pembicaraannya dengan Menlu Jepang Toshimitsu Motegi pada bulan lalu. Hal ini juga disebutnya refleksi kedekatan RI dengan Jepang.

“Kerja sama RI-Jepang dapat mendorong percepatan pemulihan ekonomi di masing-masing negara pasca pandemi,” kata Retno dalam keterangan pers Kementerian Komunikasi dan Informatika, Selas (19/10).

Dengan tambahan ini, maka RI telah mengantongi 285,3 juta vaksin Covid-19. Sebelumnya Jepang juga telah mengirimkan 2,1 juta dosis AstraZeneca ke Indonesia pada Juli.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...