Plot Twist Adalah Efek Kejut di Akhir Cerita, Ini Penjelasannya

Image title
20 Januari 2022, 13:10
Ilustrasi film The Devil All The Time yang memiliki jalan cerita plot twist di dalamnya. Plot twist adalah bagian akhir yang akan mengejutkan penonton atau penikmat karya. Konsep twist tersebut biasanya banyak digunakan untuk dapat memukau penonton.
netflix.com
Ilustrasi film The Devil All The Time yang memiliki jalan cerita plot twist di dalamnya.

Pernahkah Anda menemukan efek kejut saat menyaksikan film atau novel. Efek kejutan itu terkadang timbul dari alur cerita yang dirangkai sedemikian rupa sehingga terbnetuk dalam pola plot twist. Plot twist yang hadir di dalam karya, lebih utama adalah pada film biasanya memang mampu mengejutkan penonton.

Di sisi lain, plot twist yang dihadirkan kerap membuat penonton atau pembacanya kecewa disebabkan iringan ceritanya keluar dari konsep yang diharapkan. Selain pada film, plot twist ini juga muncul pada novel bahkan games yang dimainkan, baik pada ponsel maupun komputer atau laptop.

Penjelasan Singkat Tentang Plot Twist

Setelah diulas sedikit di paragraf sebelumnya tentang plot twist, berikutnya adalah penjelasan mengenai arti plot twist. Sebagaimana dilansir dari situs penerbitdeepublish.com, plot twist adalah sebagai bagian akhir yang akan mengejutkan penonton atau penikmat karya. Konsep twist tersebut biasanya banyak digunakan untuk dapat memukau penonton.

Tidak hanya itu, sajian plot twist adalah sebagai akhir yang membuat penonton atau audiens semakin tertarik atau dapat menjaga minat audiens. Tentu saja, twist tersebut dihadirkan agar menghasilkan akhir cerita atau ending yang bahagia atau happy ending atau akhir yang menyedihkan atau sad ending, tergantung bagaimana penulis tersebut membawa alur.

Bentuk dari plot yang disajikan pada bagian tersebut juga sering digunakan dalam kisah-kisah yang memiliki alur fiksi. Kandungan cerita di dalamnya adalah isi mengenai kejadian atau peristiwa yang arahnya diubah atau hasil plot yang telah dibangun dari awal cerita berubah sangat kontras. Cara tersebut dirancang untuk mengacaukan hal-hal dalam sebuah cerita yang penonton sudah mengetahui atau memahami ending atau akhirnya.

Oleh karenanya, ada banyak penulis yang sengaja melakukan perubahan alur atau plot cerita dengan polesan seolah memelintir dengan plot yang sudah bisa ditebak tersebut untuk dapat memberikan kejutan yang tidak terduga melalui berbagai detail peristiwa yang sebelumnya sudah disajikan secara gamblang.

Walaupun tidak kerap digunakan teknik plot twist ini menjadi hal penting, apalagi di dalam sebuah cerita. Fungsi adanya perubahan tersebut adalah sebagai cerita dengan melakukan upaya agar penonton atau pembaca terlibat di dalam emosi yang ingin disampaikan oleh penulis.

Sejumlah penulis beberapa kali mencoba untuk memunculkan teknik plot twist pada pertengahan atau akhir film atau novel atau karya lain dengan tujuan agar karyanya mendapat kenangan abadi di benak penonton atau audiens. Tidak berhenti pada plot twist saja, beberapa ahli mengungkapkan bahwa konsep twist ini dapat dikembangkan lebih sehingga jadi double plot twist.

Dalam penulisan naskah, para pembaca novel atau penonton film akan diarahkan untuk melihat jalan cerita yang mengejutkan pada bagian pertama. Setelah menyadari bahwa penonton atau audiens menemukan plot twist, maka penulis akan kembali memberi kejutan dengan jalan cerita mengejutkan yang sebenarnya atau yang disebut double plot twist.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...