Menpan RB: 60 Ribu ASN, TNI dan Polri Harus Pindah ke IKN 2024

Rizky Alika
18 Maret 2022, 10:39
ikn, ibu kota, pns, asn, tni, polri
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo bersiap mengikuti rapat kerja bersama Komisi II DPR di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Pemerintah akan memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengatakan, puluhan ribu Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri akan pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 2024.

Saat ini, pemerintah masih menunggu pembangunan ibu kota baru yang meliputi infrastruktur perumahan, transportasi, markas kepolisian, hingga markas tiga matra TNI. Kemudian, akan dibangun pula wilayah untuk Brimob, Marinir, dan Kopassus untuk mengamankan daerah perbatasan dan vital.

"Klaster pertama ada 60 ribu ASN dan TNI, Polri yang sudah harus tinggal di ibu kota negara baru," kata Tjahjo dalam Grand Launching Mal Pelayanan Publik Kota Magelang, Magelang, dikutip Jumat (18/3).

Pemerintah akan memilih 60 ribu orang yang akan dipindahkan pada tahap pertama. Orang-orang tersebut harus memiliki sikap profesional, memahami teknologi, mampu berkolaborasi, dan tidak memiliki sikap ego sektoral.

"Nanti perkantorannya sambung menyambung sehingga bisa komunikasi dengan baik," ujar dia.

Sebelumnya, Deputi I Kepala Staf Kepresidenan RI Febry Calvin Tetelepta mengatakan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun ribuan hunian untuk ASN serta personel TNI-Polri di IKN.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...