Jokowi akan Ganti Kendaraan Dinas dengan Mobil Listrik

Rizky Alika
16 September 2022, 19:18
jokowi, mobil listrik, joko widodo
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Presiden Joko Widodo saat ini menggunakan kendaraan dinas Mercedes Benz S600 Guard.

Pemerintah mendorong penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas. Presiden Joko Widodo pun akan mengganti kendaraan dinasnya dengan mobil listrik.

"Kendaraan Sekretariat Presiden dan juga tentunya kendaraan dinas Presiden akan berbasis listrik," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada Katadata, Kamis (15/9).

Meski begitu, penggantian kendaraan tersebut akan dilakukan secara bertahap. Heru memastikan, kendaraan dinas berbasis listrik akan disiapkan di Ibu Kota Negara.

Jokowi sebelumnya menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) mengenai percepatan penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas. Inpres diterbitkan usai pemerintah mengerek harga BBM.

Kepala Negara saat ini menggunakan kendaraan dinas Mercedes Benz S600 Guard. Mobil itu digunakan  Jokowi sejak 2020 lalu.

Heru mengatakan, BBM yang digunakan Presiden ialah jenis oktan tertinggi. "Yang jelas bukan Pertalite. Bisa rusak kalau Pertalite," ujar dia.

Mengutip dari Antara, Mercedes-BenzS600 Guard merupakan limosin mewah bermesin 12 silinder. Mobil itu diproduksi khusus di Sindelfingen, Jerman.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...