KTT G20 Sukses, Jokowi Minta Pengusaha Jaga Kepercayaan Internasional

Andi M. Arief
21 November 2022, 12:03
jokowi, g20, pengusaha
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Mensesneg Pratikno (kanan) dam Kepala BIN Budi Gunawan (kiri) memberi keterangan pers di VVIP I Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (17/11/2022).

Presiden Joko Widodo menilai performa perekonomian Indonesia di kancah global dapat lebih baik. Hal tersebut disebabkan oleh kepercayaan yang diberikan oleh komunitas internasional ke Tanah Air.

Jokowi mengatakan hal ini merupakan amanat yang besar sekaligus menempatkan Indonesia di posisi yang penting di dunia. "Kita betul-betul berada di puncak kepemimpinan global saat ini karena sekaligus menjadi Ketua ASEAN," kata Jokowi dalam Musyawarah Nasional ke-17 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia di Surakarta, Senin (21/11).

Jokowi mengatakan dampak jika dipercaya dunia internasional akan besar. Ia mengibaratkan pengusaha yang akan semakin lancar berbisnis dan menjual barang jika mendapatkan kepercayaan. "Ini sama dengan scoop besar sebuah negara," katanya.

Oleh karena itu, Kepala Negara mengingatkan para pengusaha muda untuk mempertahankan posisi tersebut. Menurutnya, para pengusaha muda berhasil menjadikan beberapa indikator perekonomian nasional ada di posisi positif.

Adapun, indikator ekonomi yang dimaksud Jokowi adalah pertumbuhan ekonomi dan inflasi. Menurutnya, kedua indikator tersebut menjadi dasar kepercayaan komunitas internasional kepada Indonesia.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...