Lanjutkan Konversi Kompor Listrik, Pemerintah Sasar Keluarga Mampu

Muhamad Fajar Riyandanu
14 Desember 2022, 13:31
kompor listrik, konversi kompor lpg,
PEXEL
Ilustrasi kompor listrik.

Pemerintah tengah berupaya untuk menjalankan program konversi kompor LPG menjadi kompor listrik yang kini menyasar pada sektor kelompok rumah tangga ekonomi menengah ke atas.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif, mengatakan langkah ini sebagai implementasi clean cooking yang dapat mengurangi emisi gas rumah kaca yang ditimbulkan dari pembakaran bahan bakar fosil. Selain itu, kompor listrik juga dinilai bisa meminimalisir risiko kecelakaan yang dapat terjadi di dapur.

"Kami mungkin memikirkannya mulai dari segmen medium ke atas. Sebetulnya clean cooking sangat penting untuk mengurangi risiko dan emisi, serta memang harus terjangkau. Ini tiga faktor yang harus bisa diperhatikan," kata Arifin saat ditemui di Gedung Nusantara I DPR Jakarta pada Selasa (13/12).

Arifin berharap, implementasi kompor listrik pada sektor rumah tangga ekonomi mampu bisa memangkas pemakaian liquefied petroleum gas (LPG) sehingga berdampak positif pada penurunan impor LPG. "Memang sudah mempunyai daya saving yang cukup kan tidak usah lagi pakai yang LPG," ujar Arifin.

Sebelumnya, PLN juga mengaku terus menjalankan program kompor listrik sebagai upaya penyediaan energi bersih dan elektrifikasi di sektor rumah tangga. Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan program ini merupakan aksi korporasi yang tak terikat dengan program pemerintah.

"Kami terus menjalankan program kompor listrik tetapi bukan dalam kerangka untuk subsidi kompensasi. Jadi ini soft selling kepada pelanggan kami dengan kapasitas terpasang yang non subsidi," kata Darmawan saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR pada Senin (28/11).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...