Jokowi Kumpulkan Pimpinan Partai Politik di Istana Merdeka Malam Ini

Andi M. Arief
Oleh Andi M. Arief - Ade Rosman
2 Mei 2023, 12:29
Jokowi
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (kanan) menghadiri acara Silaturahmi Ramadhan 1444 H DPP PAN di Kantor DPP PAN, Jakarta, Minggu (2/4/2023).

Presiden Joko Widodo memanggil beberapa Ketua Partai Politik malam ini, Selasa (2/5). Agenda utama pertemuan adalah silaturahmi dan mempererat ikatan kebangsaan antara partai politik.

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional Viva Yoga Mauladi mengatakan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan akan menghadiri pertemuan tersebut. Viva menjelaskan pertemuan akan dilakukan di Istana Merdeka.

"Pertemuan tersebut akan semakin mendekatkan hati dan pikiran untuk bersama-sama bertekad mewujudkan pelaksanaan Pemilihan Umum yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil," kata Viva dalam keterangan resmi, Selasa (2/5).

Viva menilai pemilu adalah jalan demokrasi konstitusional yang harus memberi manfaat untuk kemajuan bangsa. Lebih jauh ia menyebut pertemuan Presiden dengan pimpinan partai politik akan memberi manfaat luas. 

Ihwal pertemuan Presiden dengan pimpinan partai pendukung pemerintah ini sebelumnya disampaikan oleh Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan. Ia mengatakan agenda lain yang akan dibahas adalah konstelasi politik nasional setelah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Adapun, beberapa pimpinan partai politik yang diundang adalah yang tergabung dalam Koalisi Besar.

"Setelah ini kan ketemuan. Besok KIB dulu, habis itu Bapak (Jokowi) mengundang ketua umum partai politik untuk ngopi bareng," kata Zulkifli di Istana Kepresidenan, Rabu (26/4).

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief, Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...