Daftar Menteri di Kabinet Jokowi yang Maju Jadi Caleg pada Pemilu 2024

Ade Rosman
12 Mei 2023, 05:40
caleg
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) memimpin sidang kabinet paripurna di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Sejumlah menteri yang menjabat di pemerintahan Joko Widodo - Ma’ruf Amin turut meramaikan daftar calon anggota legislatif yang bakal bertarung pada pemilu 2024 mendatang. Sejak Komisi Pemilihan Umum membuka pendaftaran caleg pada 1 Mei 2023 lalu sejumlah partai telah menyetorkan daftar nama caleg. 

Para menteri yang masuk dalam daftar caleg DPR akan memperebutkan kursi untuk duduk di Senayan. Mereka akan mengisi satu dari 580 kursi parlemen yang telah ditetapkan oleh KPU. 

Hingga hari ke-11 pendaftaran bakal calon legislatif oleh KPU, beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju telah didaftarkan oleh partai politik. Berikut daftar beberapa Menteri dan kabinet pemerintahan Jokowi yang dikabarkan akan maju sebagai calon legislatif 2024:

 Johnny G Plate

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate didaftarkan sebagai calon anggota DPR RI dalam Pemilihan Umum 2024 oleh Partai Nasional Demokrat. Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan, daerah pemilihan Johnny du Nusa Tenggara Timur (NTT) 1.

Johnny merupakan petinggi Nasdem yang menjabat Sekretaris Jenderal. Bagi Johnny maju sebagai caleg bukanlah hal baru. Pada pemilu 2014 ia terpilih sebagai anggota DPR dari Partai Nasdem untuk dapil NTT 1

 Syahrul Yasin Limpo

Selain Johnny, satu menteri lainnya yang didaftarkan Partai Nasdem sebagai bakal calon legislatif di Pemilu 2024 yaitu Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Pencalegan Yasin dan Johnny sama-sama disampaikan oleh Partai NasDem saat mendaftarkan calon anggota legislatifnya di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis (11/5).

"Dapilnya Syahrul Yasin Limpo Sulsel 1, Johnny Plate NTT 1," kata Willy kepada wartawan, di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis (11/5).

Sebelum menjabat menteri, ia pernah menjadi Gubernur Sulawesi Selatan. Saat itu ia merupakan politikus Partai Golkar. Ia mulai menjabat sebagai Ketua DPP Partai Nasdem pada 2018 dan kemudian ditunjuk menjadi Menteri Pertanian. 

 Yasonna Laoly

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly masuk menjadi satu dari 580 bakal calon legislatif yang didaftarkan oleh Partai Demokrasi Indonesia Pejuangan (PDIP). Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto saat menyetorkan nama bakal calon legislatif ke Komisi Pemilihan Umum RI di Jakarta Pusat, Kamis (11/5).

"Dari menteri incumbent Kabinet Indonesia Maju yang berasal dari PDIP, yang dicalonkan bapak Yasonna laoly," kata Hasto.

 Yasonna sebelumnya pernah menjadi anggota DPRD Sumutera Utara pada periode 1999-2004 dari Partai PDI Perjuangan. Ia kemudian terpilih menjadi anggota DPR lewat pemilu 2004 mewakili daerah pemilihan Sumatera Utara 1. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...