Giliran PAN dan PPP Daftar Caleg ke KPU Hari Ini, PKB Mundur

Ade Rosman
12 Mei 2023, 11:06
Caleg PAN dan PPP
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/YU
Sejumlah kader partai menari saat mengikuti pawai untuk meramaikan suasana pendaftaran partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu menuju KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Komisi Pemilihan Umum masih membuka kesempatan bagi partai politik untuk mendaftarkan calon anggota legislatif yang akan ikut pemilu 2024 mendatang. Hari ini, giliran Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang akan menyetorkan nama caleg ke KPU. 

Berdasarkan agenda KPU, PAN dijadwalkan akan mendaftarkan bakal calon legislatifnya pada pukul 14.00 WIB. Sedangkan PPP 30 menit setelahnya, yaitu pukul 14.30 WIB. 

Semula hari ini Partai Kebangkitan Bangsa juga dijadwalkan akan turut menyetor nama caleg. Namun penyerahan diundur menjadi Sabtu (13/5). Adapun Golkar yang merupakan rekan PPP dan PAN di Koalisi Indonesia Bersatu belum mengkonfirmasi kehadiran untuk mendaftarkan caleg ke KPU. 

KPU telah membuka pendaftaran bagi bacaleg sejak Senin (1/5) lalu. Selain PAN dan PPP, hingga hari ke-12, sebanyak enam partai politik telah mendaftarkan kadernya sebagai bacaleg Pemilu 2024.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi partai politik pertama yang mendaftar. Penyerahan nama-nama bacaleg ke KPU diserahkan langsung oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu, pada Senin (8/5).

Dua hari setelah PKS, giliran Partai Hanura yang menyambangi kantor KPU RI di Jakarta Pusat. Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang beserta jajarannya menyerahkan 580 nama bacaleg ke KPU, pada Rabu (10/5).

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...