Alasan Jokowi Cabut Status Pandemi: 99% Penduduk Punya Antibodi Covid

Andi M. Arief
21 Juni 2023, 15:31
jokowi, covid-19, pandemi
Sekretariat Kabinet
Presiden Jokowi berpidato dalam acara peringatan Hari Pers Nasional pada 2022

Presiden Joko Widodo telah mencabut status pandemi Covid-19 di Indonesia. Jokowi  mengatakan alasan utama pencabutan status Pandemi Covid-19 adalah kondisi pandemi Covid-19 di dalam negeri.

Parameter yang diperhatikan adalah jumlah masyarakat yang telah memiliki antibodi dan kasus baru Covid-19. Jokowi mencatat hasil serosurvei menunjukkan 99 persen masyarakat telah memiliki antibodi C0vid-19. Selain itu, angka kasus harian mendekati nihil.

"Walaupun demikian saya meminta masyarakat untuk tetap berhati-hati serta terus menjalankan perilaku hidup sehat dan bersih," kata Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Rabu (21/6).

Jokowi menyampaikan pertimbangan lain adalah Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO telah mencabut status kedaruratan kesehatan publik internasional. Seperti diketahui, WHO telah mencabut status tersebut pada 9 Mei 2023.

Jokowi berpendapat pencabutan status pandemi tersebut akan meningkatkan performa perekonomian nasional. Selain itu, menurutnya, kualitas kehidupan sosial-ekonomi di dalam negeri akan membaik.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...