Airlangga Mulai Digoyang, Golkar Tersandera Antara Prabowo dan Ganjar

Andi M. Arief
27 Juli 2023, 18:48
airlangga, luhut, golkar, prabowo, ganjar
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom.
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan sambutan dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional Partai Golkar tahun 2023 di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Minggu (4/6/2023).

Kepemimpinan Airlangga Hartarto di Partai Golkar tengah digoyang pasca munculnya tiga nama yang mengaku siap menggantikan Airlangga. Walau demikian, Airlangga dan sebagian kader Golkar menyatakan kondisi partai beringin baik-baik saja.

Ketiga nama yang kini menggoyang kepemimpinan Airlangga adalah Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan, dan Ketua MPR Bambang Soesatyo. Ketiganya telah secara eksplisit menyatakan siap untuk menggantikan Airlangga.

Dari informasi yang dihimpun Katadata.co.id, goyahnya posisi Airlangga tak terlepas dari tersanderanya Golkar di antara dua kekuatan calon presiden. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dikabarkan mendorong Golkar mendukung Ganjar. Meski demikian, ada pula kubu Luhut Binsar Pandjaitan yang mendorong partai mendekat ke Prabowo Subianto. 

Namun demikian, Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi dan Informasi Golkar Nurul Arifin menepis kabar tersebut. Menurutnya, Airlangga kini mengemban tugasnya dengan baik dan tidak ada masalah rumit yang tengah dihadapi partainya.

"Semua masalah pasti ada solusi. Pak Airlangga telah mengemban tugasnya dengan baik, jadi tidak perlu berspekulasi negatif," kata Nurul kepada Katadata.co.id, Kamis (27/7).

Sejak Februari Luhut dikabarkan mengincar kursi ketua umum. Luhut juga kerap menerima beberapa tokoh senior Golkar, salah satunya Lawrence Siburian untuk membahas rencana Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub).

Luhut sendiri tak menolak jika didukung menjadi Ketum Golkar. Namun ia mengaku tak punya kepentingan besar untuk menduduki posisi tersebut. "Kalau didukung, mau," katanya di Denpasar, Bali, Selasa (25/7) dikutip dari Antara

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...