Pertemuan Airlangga dan Puan, Sinyal Golkar Mendukung Ganjar?

Andi M. Arief
28 Juli 2023, 17:23
airlangga, puan, pdip, golkar
Instagram/Puan Maharani
Pertemuan antara Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani di Jakarta, Kamis (28/7). Foto: Instagram/Puan Maharani.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto telah bertemu dengan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Puan Maharani pada Kamis (27/7). 

Pengamat politik menyebut pertemuan Airlangga dan Puan adalah simbol Partai Golkar merapat ke PDIP dalam menghadapi Pemilihan Presiden 2024. Hal tersebut ditunjukkan dari penyerahan buket bunga berwarna merah-kuning dari Airlangga.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai karangan bunga tersebut merupakan semantik dari titik temu antara Golkar dan PDIP. Menurutnya, penyerahan karangan bunga tersebut dapat diartikan adanya tanda-tanda kecocokan dan kemungkinan koalisi di Pilpres 2024.

"Airlangga sering ketemu Prabowo, Cak Imin, AHY, tapi tak pernah memberikan karangan bunga. Secara metafora bisa dimaknai Golkar mulai cocok dengan PDIP," kata Adi kepada Katadata.co.id, Jumat (28/7).

Seperti diketahui, penyerahan buket bunga tersebut dilakukan saat Puan menyambangi rumah Airlangga. Salah satu hasil pertemuan tersebut adalah pembentukan Tim Teknis menghadapi Pesta Demokrasi 2024.

Adi berpendapat Golkar akan berkontribusi besar jika masuk dalam koalisi PDIP. Seperti diketahui, PDIP mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

Ia mengatakan Golkar merupakan partai politik terbesar kedua di dalam negeri setelah PDIP. Oleh karena itu, bergabungnya Golkar dalam koalisi PDIP akan mengubah konstelasi bursa calon wakil presiden Ganjar.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...