Golkar dan PAN Dukung Prabowo, Kubu Anies: Makin Mengerucut

Ade Rosman
13 Agustus 2023, 15:52
golkar, pan, prabowo, anies baswedan
Gerindra
Empat pimpinan partai politik, Golkar, PAN, PKB dan Gerindra menandatangani kerja sama politik mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal calon Presiden Pemilu 2024, di Museum Naskah Proklamasi, Jakarta, Minggu (13/8/2023).

Partai Golkar dan PAN resmi mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden atau capres dalam Pemilihan Presiden alias Pilpres 2024. PKB yang mendukung Anies Baswedan menilai, ini menunjukkan konstelasi Pilpres semakin mengerucut.

Sekretaris Jenderal PKB Aboe Bakar Al-Habsyi menilai dukungan gerbong Airlangga Hartarto dan Zulkifli Hasan terhadap Prabowo memperjelas bahwa Pilpres akan diikuti oleh tiga pasangan capres dan cawapres.

“Dukungan Golkar dan PAN kepada Prabowo akan membuat peta Pilpres semakin jelas,"  kata Aboe dalam pernyataan pers, Minggu (13/8).

Adanya tiga pasang capres dan cawapres dapat meminimalkan polarisasi yang timbul di masyarakat akibat kontestasi. “Ini cukup ideal. Jangan sampai pengalaman Pemilu kemarin terulang ketika kontestasi hanya diisi dua paslon, yang terjadi yakni polarisasi di tengah masyarakat," katanya.

Saat ini, tiga kandidat capres dimunculkan untuk berlaga di Pilpres 2024. Ketiganya yakni:

  1. PKS, Partai NasDem, Partai Demokrat tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan bersepakat mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
  2. PDIP, PPP, dan partai non-parlemen yakni Hanura dan Perindo mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
  3. Golkar, PAN, PKB, PBB dan Partai Gerindra mengusung Prabowo Subianto

Namun ketiga kandidat calon tersebut belum juga menunjuk cawapres.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...