Modus Korupsi Pembangunan Tol MBZ yang Rugikan Negara Rp 1,5 Triliun

Ade Rosman
14 September 2023, 14:25
Tol MBZ
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/rwa.
Foto udara pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) 2 Selatan di Puarta, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022).

Tiga orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka adalah DD selaku direktur Utama PT Jasa Marga jalan layang Cikampek atau JCC periode 2016-2020. Tersangka kedua adalah YM selaku ketua panitia lelang JJC, dan tersangka ketiga TBS selaku tenaga ahli Jembatan PT Lapi Ganeshatama Consulting.

Menurut Kuntadi dalam pembangunan tol layang Jakarta - Cikampek itu diduga terjadi persekongkolan jahat untuk mengatur spesifikasi barang yang dimaksudkan untuk menguntungkan pihak tertentu.

"Diduga akibat perbuatan tersebut telah merugikan keuangan negara yang berdasarkan hasil sementara perhitungan kami, ini bisa naik, bisa turun, kurang lebih sekitar Rp 1,5 triliun," kata Kuntadi dalam konferensi pers di Gedung Bundar Jampidsus Kejagung, Kamis (14/9).

Kuntadi mengungkapkan, TBS selaku tenaga ahli, diduga turut serta menyusun gambar rencana teknik akhir atau DED (detail engineering design), yang di dalamnya terdapat pengkondisian pengurangan spesifikasi atau volume. Kemudian DD selaku Direktur Utama PT JJC disebut secara bersama-sama melawan hukum menetapkan pemenang tender. 

Menurut Kuntadi penetapan pemenang telah diatur spesifikasi barang secara khusus ditujukan untuk menguntungkan pihak tertentu. Lalu, YM selaku ketua panitia lelang melawan hukum turut serta mengkondisikan pengadaan yang sudah ditentukan siapa pemenangan.

"Selanjutnya terhadap para tersangka diduga telah melanggar ketentuan Pasal 2 ayat (1) dan pasal 3 Jo. Pasal 18 UU huruf c Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP,” ujar Kuntadi.

Di sisi lain, Kepala Pusat Penerangan Hukum atau Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana mengatakan, setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan sehat, Kejagung akan menahan tersangka DD untuk kepentingan penyidikan, selama 20 hari ke depan.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...