Tarik Ulur PDIP-PSI Jelang Pilpres, Kaesang Ajukan Syarat Usung Ganjar

Ade Rosman
27 September 2023, 15:09
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terpilih Kaesang Pangarep menyampaikan orasi politiknya dalam Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI di Jakarta, Senin (25/9/2023). Kaesang menggantikan ketua umum periode sebelumnya Giring Ganesha yang diangkat
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terpilih Kaesang Pangarep menyampaikan orasi politiknya dalam Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI di Jakarta, Senin (25/9/2023). Kaesang menggantikan ketua umum periode sebelumnya Giring Ganesha yang diangkat menjadi anggota dewan pembina partai berlambang bunga mawar itu.

Tarik ulur hubungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Solidaritas Indonesia menghadapi pemilihan presiden 2024 terus berlanjut. Terlebih setelah PSI menetapkan putra Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep sebagai ketua umum. 

Ketua Dewan Pimpinan  Pusat PDIP Puan Maharani sebelumnya mengatakan apresiasi dan selamat atas terpilihnya Kaesang sebagai ketua umum PSI. Putri dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu pun mendoakan agar Kaesang amanah dalam mengemban tugas. 

Puan menilai pilihan Kaesang yang berlabuh di PSI dan berbeda partai dengan Jokowi dan kakaknya Gibran Rakabuming Raka sebagai hal biasa. Ia menyebut PDIP bersikap terbuka dengan partai manapun untuk menjalin silaturahmi, meskipun berbeda pilihan seperti PSI. Bahkan, Puan mengajak Kaesang dan PSI untuk ikut bersama PDIP dalam mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden. 

“Semua partai memiliki strateginya masing-masing dalam merangkul dan kemudian memenangkan capresnya. Jadi, ayo Mas Kaesang, ikut PDIP," kata Puan kata Puan  usai menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) DPP Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) di Gedung Smesco seperti dikutip Rabu (27/9). 

Kaesang pun menanggapi ajakan Puan untuk membawa PSI mendukung Ganjar Pranowo di pilpres mendatang. Menurut Kaesang PSI terbuka bekerja sama dengan siapapun asalkan kolaborasi tersebut bersifat 'win-win'.

"Kami PSI itu terbuka dengan semua, dengan siapapun kami bekerja sama, akan siap berkolaborasi asal saling win-win, tidak ada win-lose atau lose-win, dan kami bisa bersinergi bersama. Intinya itu saja," kata Kaesang usai rapat perdana sebagai Ketua Umum di DPP PSI. Meski begitu Kaesang belum menjelaskan lebih rinci maksud win win solution yang dia harapkan. 

Menurut Kaesang saat ini belum ada partai politik lain yang menghubungi usai dirinya menjadi Ketua Umum. Ia mengatakan akan terlebih dulu mendahulukan konsolidasi di internal partai sebelum pada putusan mendukung salah satu calon presiden. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...