Respons PDIP soal Gibran Jadi Kandidat Cawapres Prabowo: Senyum Saja

Yuliawati
Oleh Yuliawati
14 Oktober 2023, 15:17
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (22/5/2023).
Katadata/PDIP
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (22/5/2023).

Putra sulung Presiden Joko Widodo sekaligus Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, digadang sebagai kandidat calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo Subianto. Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menanggapi kabar tersebut sebagai hal yang biasa saja.

Hasto menyatakan tak mau berlebihan menanggapi kabar tersebut, termasuk soal kedekatan adik Gibran yang juga Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dengan Prabowo.

"Ya tidak apa-apa, kami senyum-senyum aja," kata Hasto di sela agenda "Rapat Koordinasi Pemenangan Pileg dan Pilpres Pemilu 2024 Caleg DPR RI dan Kepala Daerah serta Wakil Kepala Daerah Se-Jawa Timur" di salah satu hotel di Surabaya, Sabtu (14/10).

Hasto mengatakan hingga saat ini masih berkomunikasi dengan Gibran, tapi tidak secara fisik. Dia sudah beberapa bulan tidak bertatap muka secara langsung dengan Wali Kota Surakarta itu.

"Jawaban saya sama dengan Pak Presiden sudah beberapa bulan tidak bertemu dengan Gibran," ucap Hasto.

Meski lama tak berjumpa, Hasto masih tetap menjalin komunikasi dengan Gibran melalui aplikasi pesan singkat. Komunikasi keduanya hanya sebatas konteks sesama kader PDI Perjuangan.

Bahkan dia mengaku pagi tadi juga sempat mengirimkan video terkait perjuangan kepada Gibran. "Saya komunikasi saja karena itu penting, komunikasi sesama anggota PDIP Perjuangan," kata dia.

Meski sering berkontak, Hasto menyatakan tak pernah sekalipun membahas soal nama Prabowo Subianto yang saat ini santer dikabarkan akan menggandeng Gibran sebagai pendampingnya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Gibran Jadi Kandidat Cawapres Dampingi Prabowo

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto telah mengerucutkan nama bakal calon wakil presidennya menjadi empat nama. Hal tersebut merupakan hasil rapat pimpinan Koalisi Indonesia Maju di kediaman Prabowo, Jakarta, Jumat (13/10).

Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah mengungkapkan salah satu nama yang masuk adalah Wali Kota Solo sekaligus putera sulung Presiden Joko Widodo yakni Gibran Rakabuming Raka.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...