Golkar Buka Kans Gibran Gabung Jadi Kader, Gelar Rapat Pleno Hari Ini

Ira Guslina Sufa
18 Oktober 2023, 06:54
Golkar
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/hp.
Bakal Calon Presiden yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (kedua kiri) bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) melihat seekor kuda saat acara Golkar Institute di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono mengatakan partainya membuka pintu untuk siapa saja bergabung menjadi kader asal memiliki kapabilitas untuk membantu Golkar meraih kemenangan pada pemilihan umum mendatang. Hal itu disampaikan Dave menjawab kabar akan bergabungnya Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menjadi kader Golkar. 

“Partai Golkar pada dasarnya selalu menerima siapapun untuk bergabung dan berkarier di Partai Golkar,” ujar Dave Laksono melalui aplikasi pesan singkat yang diterima di Jakarta, Selasa.

Menurut Dave saat ini Golkar lebih fokus melihat kapasitas dan kapabilitas seseorang untuk meraih kemenangan. Pada pemilu 2024 mendatang Golkar kata Dave menargetkan bisa menang di pemilihan legislatif dan pemilihan presiden. 

Sebelumnya, santer terdengar kabar Gibran Rakabuming Raka akan bergabung menjadi kader Partai Golkar yang merupakan anggota Koalisi Indonesia Maju. Hal itu untuk memuluskan langkah menjadi bakal cawapres pendamping Prabowo Subianto. Adapun partai pendukung Prabowo sebelumnya sudah bersepakat mendukung Gibran di pilpres.

Kesempatan Gibran untuk diusung sebagai bacapres terbuka setelah pada Senin (16/10), Mahkamah Konstitusi mengabulkan sebagian permohonan uji materi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu mengenai batas usia capres dan cawapres. Dalam putusan terbaru capres dan cawapres bisa diusung apabila berusia 40 tahun atau pernah berpengalaman sebagai kepala daerah.

Gibran Rakabuming Raka sendiri memastikan masih menjadi kader PDIP di tengah munculnya sejumlah isu yang menyatakan dirinya akan merapat ke partai politik lain. "Iya (tetap di PDIP, red.)," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Selasa. Gibran meminta awak media menanyakan kepada pihak yang menyebarkan berita tersebut.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...