LSI: Erick Thohir Lebih Mampu Dongkrak Suara Prabowo Ketimbang Gibran

Safrezi Fitra
22 Oktober 2023, 16:34
LSI: Erick Thohir Lebih Mampu Dongkrak Suara Prabowo Ketimbang Gibran, Erick Thohir cawapres prabowo, cawapres prabowo, elektabilitas erick thohir, gibran, khofifah
ANTARA FOTO/Zabur Karuru/YU
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) dan Menteri BUMN Erick Thohir (tengah).

Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengungkapkan hasil survei tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan bersaing pada pemilihan presiden (pilpres) 2024. Survei ini juga menunjukkan simulasi tiga cawapres yang mampu mengangkat suara Prabowo.

Ketiga nama cawapres yang masuk dalam simulasi ini adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir; Wali Kota Solo yang juga anak Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka; dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. Seperti diketahui, hingga saat ini hanya Prabowo yang belum memutuskan siapa yang bakal menjadi cawapresnya.

Berdasarkan hasil survei LSI, ternyata Erick Thohir mampu yang mampu meningkatkan suara Prabowo Subianto secara signifikan. Direktur Eksekutif LSI Djayadi mengatakan bahwa Erick Thohir memberikan dampak suara lebih besar daripada Gibran dan Khofifah dalam survei tersebut.

"Keunggulannya cukup signifikan kalau Prabowo memilih Erick sebagai cawapres. Jika memilih Gibran atau Kofifah, suara yang akan didapatkan relatif sama antara keduanya," kata Dajayadi dalam pemaparan Survei Nasional Sikap Publik Terhadap Keputusan Mk Dan Dampaknya Terhadap Dukungan Politik Dalam Pemilu, Minggu (22/10).

Dalam survei simulasi yang dilakukan pada 16—18 Oktober 2023 tersebut, simulasi pasangan Prabowo-Erick mampu meraih suara 39,0 persen. Pasangan ini lebih unggul dari Ganjar-Mahfud MD dengan 32,3 persen dan Anies-Muhaimin dengan 22,9 persen. Sisanya sebanyak 14,7 persen responden tidak menjawab atau tidak tahu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...