Agus Subiyanto Jadi Calon Tunggal Panglima TNI, Kuatkan Isu Geng Solo

Amelia Yesidora
3 November 2023, 08:05
agus subiyanto, jokowi
Antara
Letjen Agus Subiyanto usai dilantik Presiden Joko Widodo menjadi KSAD di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10).

Presiden Joko Widodo telah menunjuk calon tunggal Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto. Padahal, Agus baru dilantik sebagai KSAD pada 25 Oktober 2023. Menurut Jokowi, KSAD ini punya pengalaman cukup sebagai calon Panglima TNI. 

“Jam terbangnya (pernah) di teritorial, administratif, akademik, memenuhi semuanya," kata Jokowi dalam rekaman suara usai groundbreaking Bandara IKN, Kalimantan Timur, Rabu (1/11).

Pengusulan ini kembali mencuatkan isu ‘Geng Solo’ yang muncul sejak awal Jokowi menjabat Presiden. Mereka yang bergabung dalam geng ini pernah bertugas di Solo saat Jokowi menjabat Wali Kota Solo, kemudian diboyong ke kancah nasional. 

Menanggapi isu Geng Solo tersebut, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto bilang itu adalah hak prerogatif Presiden Joko Widodo.

“Bahwa itu hak prerogatif presiden itu kami hormati sepenuhnya. Tapi apakah itu betul-betul dalam rangka menggelorakan profesionalitas TNI?” ujarnya usai rapat Tim Pemenangan Ganjar-Mahfud di Jakarta, Rabu (1/11), dilansir dari Tempo

Berikut beberapa petinggi militer dan kepolisian yang masuk dalam kriteria Geng Solo: 

  • Jenderal (TNI) Agus Subiyanto

Kini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat alias KSAD, ia sudah dekat dengan Jokowi sejak 2011. Kala itu ia menjabat sebagai Komandan Distrik Militer alias Dandim 0735/Surakarta dan Jokowi masih menjabat Wali Kota Solo. 

Setahun setelah Jokowi menang di Pilpres 2019, Agus ditunjuk sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden alias Danpaspampres. Jabatan ini ia emban hingga 2021, menggantikan Mayjen (TNI) Maruli Simanjuntak yang menjadi Pangdam Udayana. 

Setelah itu Agus diangkat sebagai Pangdam III/Siliwangi hingga 2022. Kala itu ia menggantikan Mayjen (TNI) Nugroho Budi Wiryanto yang menjadi Wakil Inspektur Jenderal Angkatan Darat. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...