Mentan Amran Tak Ingin Banyak Impor Beras Tahun Depan, Ini Siasatnya

Agustiyanti
6 November 2023, 20:20
amran, amran sulaiman, mentan, menteri pertanian
ANTARA FOTO/Irfan Anshori
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (Dua Kiri) didampingi Kapolres Blitar AKBP Budi Hermanto (Kiri) dan Direktur Utama PT.

Pemerintah menargetkan impor beras dapat berkurang signifikan pada tahun depan. Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, akan mendorong akselerasi tanaman pada di berbagai daerah sehingga produksi dapat meningkat. 

Amran mengatakan, akselerasi tanam harus dilakukan karena faktor mundurnya musim tanam hingga 1-2 bulan pada beberapa waktu lalu menyusul dampak kekeringan karena El Nino.

“Sekarang, pertanaman ini mundur 1-2 bulan sehingga kami harus melakukan akselerasi tanam, agar tahun depan ini bisa kita menekan impor,” ujar dia 

Menurut Amran, penanaman cepat terutama akan dilakukan pada lahan yang dilengkapi fasilitas irigasi. Luas lahan tersebut mencapai 1-1,5 juta hektar di Indonesia. Penanaman cepat yang dimaksud Amran adalah penanaman kembali setelah petani melakukan panen atau yang kerap disebut tanam culik.

"Untuk penanaman cepat ini, Kementerian Pertanian (Kementan) juga akan memberikan insentif bibit. Kalay bahasanya petani itu tanam culik, yaitu selesai panen langsung tanam, itu namanya tanam culik," ujar di

Menurut Amran, upaya selanjutnya yang dapat dilakukan adalah peningkatan planting index atau indeks pertanaman di lahan rawa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...