Sandiaga Khawatir Pengungsi Rohingya Berdampak pada Pariwisata Aceh

Muhamad Fajar Riyandanu
8 Desember 2023, 05:20
Seorang anak bermain di lokasi kapal mengangkut imigran etnis Rohingya yang mendarat di pantai desa Ie Meule, kecamatan Suka Jaya, Pulau Sabang, Aceh, Sabtu (2/12/2023). Sebanyak 139 imigran etnis Rohingya terdiri dari laki laki, perempuan dewasa dan
ANTARA FOTO/Ampelsa/nz.
Seorang anak bermain di lokasi kapal mengangkut imigran etnis Rohingya yang mendarat di pantai desa Ie Meule, kecamatan Suka Jaya, Pulau Sabang, Aceh, Sabtu (2/12/2023). Sebanyak 139 imigran etnis Rohingya terdiri dari laki laki, perempuan dewasa dan anak anak menumpang kapal kayu kembali mendarat di Pulau Sabang, sehingga total jumlah imigran di Aceh tercatat sebanyak 1.223 orang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, berencana mengunjungi Aceh untuk meninjau kondisi pengungsi Rohingya. Pengawasan sektor pariwisata di Tanah Rencong dinilai mendesak seiring adanya kekhawatiran soal pengungsi Rohingya bisa menjadi bagian dari Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

"Jadi harus kami pastikan jangan sampai nanti berdampak negatif terhadap wisata di Aceh," kata Sandiaga di Istana Merdeka Jakarta pada Kamis (7/12).

Agenda kunjungan itu sekaligus menjadi momen untuk memonitor dampak ikutan dari masuknya pengungsi Rohingya terhadap kondisi pariwisata di Aceh. "Saya akan berkunjung akhir Desember atau awal Januari untuk melihat dampaknya terhadap pariwisata Aceh," ujar Sandiaga.

Masifnya pergerakan pengungsi Rohingya di Aceh turut menjadi perhatian sejumlah pejabat negara. Menteri Pertahanan sekaligus Calon Presiden, Prabowo Subianto, turut menyoroti kedatangan pengungsi Rohingya di Pulau Sabang pada Selasa (21/11).

Dia mengatakan Pemerintah Indonesia sebenarnya terbuka untuk menerima kedatangan para pencari suaka yang dijuluki 'manusia perahu' itu. Kendati demikian, pemerintah mengaku menemui kendala terkait penyaluran bantuan logistik dan pangan untuk pengungsi Rohingnya.

Total pengungsi Rohingya yang mendarat di Pulau Sabang berjumlah 220 jiwa yang terdiri dari dari 72 orang laki-laki, 92 orang perempuan, dan 56 anak-anak.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...