Jokowi Berjanji Tambah Subsidi Pupuk, Prosedur Akan Dipermudah

Ameidyo Daud Nasution
13 Desember 2023, 14:45
jokowi, pupuk, subsidi
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/foc.
Presiden Joko Widodo berbincang dengan petani saat kunjungan kerja di area persawahan Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (13/12/2023).

Presiden Joko Widodo berjanji akan menambah subsidi pupuk. Penambahan dilakukan untuk menjawab masalah kelangkaan pupuk yang tengah dialami.

Jokowi mengatakan masalah pupuk akan diselesaikan Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Presiden juga akan mengontrol distribusi pupuk agar tidak bermasalah.

“Subsidi pupuknya akan saya tambah, karena suplai pupuknya juga ada,” kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada penyuluh pertanian dan babinsa se-Jawa Tengah di Pekalongan, Rabu (13/12) dikutip dari Antara.

Meski demikian, Jokowi belum bisa memberitahu berapa tambahan subsidi pupuk. Ini karena besarannya harus dibahas dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan disetujui Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Jokowi juga akan menyederhanakan prosedur bagi petani untuk mendapatkan pupuk bersubsidi. Jika sebelumnya, mereka perlu menunjukkan Kartu Tani, nantinya petani hanya perlu menunjukkan KTP.

"Saya sudah menyetujui pembelian pupuk asal di KTP ada tulisan 'petani'," katanya.

Jokowi juga berharap penambahan subsidi pupuk bisa membantu petani mengerek produksi pertanian. Selain itu, keberadaan pupuk diharapkan bisa menekan dampak fenomena El Nino.

"Ke depan, bagaimana kita bisa menekan impor pada tahun depan," kata Presiden.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...